Solopos Hari Ini: Rukun sampai Akar Rumput

Harian Umum Solopos edisi Kamis (25/7 - 2019).
25 Juli 2019 10:10 WIB Ginanjar Saputra Solo Share :

Solopos.com, SOLO — Suasana hangat pertemuan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto tergambar dalam jumpa pers yang dilakukan keduanya. Dalam kesempatan itu, Mega menegaskan tidak ada koalisi ataupun oposisi.

"Dapat dibilang, ndak ada koalisi, tidak ada oposisi di dalam sistem kenegaraan kita. Tapi kalau berbeda karena pilihan, itu silakan saja sehingga yang namanya dialog itu sangat diperlukan," kata Mega setelah bertemu Prabowo di rumah Megawati Jl. Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (24/7/2019) siang.

Kabar mengenai pertemuan Prabowo dan Megawati itu menjadi headline pada Harian Umum Solopos edisi hari ini, Kamis (25/7/2019). Berita tersebut bisa dibaca secara lengkap di: E-Paper Solopos.

Selain itu, halaman utama Harian Umum Solopos edisi hari ini juga menyajikan kabar mengenai amnesti yang diterima Baiq Nuril. Komisi III DPR yang menyetujui pemberian amnesti untuk Baiq Nuril.

Jalan Berliku Baiq Nuril Gapai Keadilan

Tangis Baiq Nuril pecah seusai mendengarkan keputusan Komisi III DPR yang menyetujui pemberian amnesti untuk dirinya. Baiq Nuril hadir dalam rapat Komisi III, Rabu (24/7/2019) sore, yang membahas surat pertimbangan amnesti Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Baiq Nuril adalah korban pelecehan seksual yang menjadi terpidana karena dianggap menyebarkan rekaman percakapan dengan orang yang diduga melecehkannya.

Simak selengkapnya di: E-Paper Solopos.

Sedangkan di halaman Soloraya, ada ulasan mengenai kesiapan peternak ayam lokal menghadapi wacana impor ayam dari Brasil. Ada pula kabar tentang UNESCO yang akan melakukan validasi ulang status Geopark Gunung Sewu di Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri.

Peternak Ayam Lokal Ingin Berdaya Saing

Para peternak ayam lokal berharap bisa bersaing terkait wacana impor ayam dari Brasil yang mendapat tanggapan beragam di kalangan mereka. Para peternak lokal itu menunggu kebijakan pemerintah melindungi peternak lokal dari gempuran produk impor agar mereka bisa bersaing di dalam negeri.

Belum sebulan lepas dari kerugian panjang, kini para peternak lokal unggas mandiri dihadapkan dengan kondisi yang tidak mengenakkan. Sebelumnya para peternak tersebut mengeluhkan harga jual ayam hidup yang jauh di bawah harga pokok produksi.

Baca selengkapnya di: E-Paper Solopos.

UNESCO Validasi Ulang Geopark Gunung Sewu

Asesor UNESCO Global Geopark Netwok (GGN) memvalidasi ulang status Geopark Gunung Sewu di Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri. Hasil validasi ulang itu diperkirakan terbit pada akhir Desember 2019. Salah seorang asesor, Arthur Agostinno De Abreu E Sa, mengatakan Geopark Gunung Sewu merupakan salah satu warisan dunia yang penting yang menjadi bagian dari 147 situs di 41 negara anggota GGN.

Gunung Sewu dikenal memiliki warisan alam geologi dan budaya yang unik dan istimewa. Wilayah ini penting untuk banyak orang dan bisa dikembangkan secara memadai. Pemanfaatan warisan ini membutuhkan perlindungan untuk kepentingan generasi saat ini dan generasi masa depan.

Simak secara lengkap di: E-Paper Solopos.