Masa Depan Transportasi Solo Dibahas di Monumen Pers

Kondisi hiasan mozaik dinding Flyover Manahan terlihat banyak yang copot dan rusak di Jl. Dr. Moewardi, Kota Barat, Solo. (Solopos/Nicolous Irawan)
27 Juli 2019 06:30 WIB Adib Muttaqin Asfar Solo Share :

Solopos.com, SOLO — Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Solo bersama Lingkar Studi Transportasi (Transportologi) menggelar diskusi publik bertajuk Masa Depan Transportasi Kota Solo di Monumen Pers Nasional, Sabtu (27/7/2019) pagi ini dari pukul 08.00 WIB hingga 12.00 WIB. Kegiatan ini diikuti pameran
transportasi yang digelar hingga Sabtu (3/8/2019) mendatang di Monumen Pers.

Sekretaris AJI Solo, Chrisna Chanis Cara, mengatakan kegiatan diskusi dan pameran digelar sebagai refleksi atas kondisi transportasi publik di Kota Bengawan. Pihaknya berharap muncul masukan dan komitmen bersama antarstakeholder untuk mengatasi persoalan transportasi perkotaan yang
semakin rumit.

“Kita ketahui pemerintah sudah berupaya menyediakan layanan transportasi dan penataan lalu lintas dalam satu dekade terakhir. Namun langkah itu tampaknya belum cukup untuk mengurai problem transportasi, terutama kemacetan dan polusi,” ujar Chrisna dalam rilisnya, Jumat (26/7/2019).

Kegiatan diskusi bakal menggandeng pegiat Transportologi, Titis Efrindu Bawono; perwakilan PT Batik Solo Trans; legislator DPRD Solo; serta lembaga terkait yakni Dinas Perhubungan, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, serta Badan Perencanaan Pembangunan Daerah.

Kepala Monumen Pers Nasional, Widodo Hastjaryo, menyambut baik inisiatif AJI dan Transportologi yang mendorong adanya diskursus untuk mengurai problem transportasi di Solo. “Monumen Pers pada dasarnya terbuka dengan kegiatan publik yang edukatif. Tidak hanya tentang pers, kami siap memfasilitasi ragam topik lain seperti ekonomi hingga transportasi,” ujarnya.