50 Liter Air Zamzam Milik Calhaj Embarkasi Solo Rusak

Petugas PPIH Embarkasi Solo menjaga air zamzam dari Tanah Suci di Bandara Adi Soemarmo, Solo, Minggu (12/8 - 2018). (Istimewa/Humas PPIH Embarkasi Solo)
30 Juli 2019 01:00 WIB Candra Mantovani Solo Share :

Solopos.com, BOYOLALI -- Sebanyak 50 liter air zamzam dalam 10 kemasan ditemukan dalam kondisi rusak saat tiba di Asrama Haji Donohudan Boyolali. Kerusakan diduga terjadi saat proses pengiriman.

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo mengembalikan kesepuluh kemasan air zamzam tersebut untuk mendapatkan pengganti. Kasubag Penerangan Humas dan Protokol Asrama Haji Donohudan, Agus Widakdo, mengatakan selama penerimaan air zamzam sejak Minggu (21/7/2019), panitia sudah menemukan 10 kemasan air zamzam yang rusak.

Air zamzam yang rusak tersebut ditarik oleh PPIH Embarkasi Solo dan tidak didistribusikan ke daerah asal jemaah haji. “Kami hanya menerima kemasan yang utuh. Air zamzam yang rusak kami kembalikan ke maskapai yang mengirimkan. Yang rusak langsung ditarik pihak maskapai. Tidak masuk hitungan kami untuk didistribusikan kepada jemaah haji,” bebernya ketika dihubungi Solopos.com, Minggu (28/7/2019).

Menurut Agus, proses penggantian air zamzam yang rusak akan diberikan saat pihak maskapai membawa lagi air zamzam dari Arab Saudi. Jumlah penggantian disesuaikan jumlah kemasan air zamzam yang rusak sehingga tidak ada jemaah haji yang menerima jatah air zamzam dalam kondisi rusak atau tidak mendapat jatah.

“Maskapai nanti kan secara bertahap terus mengirim air zamzam. Yang terpenting itu jumlahnya pas dengan jatah yang diterima jemaah haji saat pulang nanti. Setiap jemaah itu mendapatkan jatah lima liter air zamzam. Kalau ada yang rusak kami minta ganti dengan yang utuh agar tidak ada jemaah haji yang menerima air zamzam yang rusak,” imbuh dia.

Informasi yang diperoleh Solopos.com, 65.000 liter air zamzam sudah tiba di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, sejak Minggu (21/7/2019). Air zamzam tersebut datang dalam bentuk kemasan sejumlah 13.000 pack.

Air zamzam tersebut langsung diangkut ke truk petugas daerah masing-masing yang sebelumnya mengirimkan koper jemaah haji saat akan berangkat. Proses pendistribusian air zamzam bisa langsung dilakukan truk yang membawa koper jemaah apabila stok air zamzam yang tiba di Asrama Haji Donohudan mencukupi kuota.