Solopos Hari Ini: KPK Ungkap Ada Tarif Jabatan

Harian Umum Solopos edisi Selasa (30/7 - 2019).
30 Juli 2019 10:25 WIB Ginanjar Saputra Solo Share :

Solopos.com, SOLO — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengatakan ada semacam "tarif" yang ditemukan dalam kasus dugaan suap pengisian jabatan dengan tersangka Bupati nonaktif Kudus Muhammad Tamzil. Namun, KPK belum menjelaskan harga setiap jabatan di Kudus.

"Kami menemukan memang semacam 'tarif' untuk mengisi jabatan-jabatan tertentu," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah di Jakarta Selatan, Senin (29/7/2019). Febri mengatakan "tarif" ini diduga merupakan kesepakatan dari dua belah pihak, yakni pemberi dan penerima. Menurut Febri, nilai "tarif" itu tergantung posisi.

Berita mengenai dugaan KPK itu menjadi headline di Harian Umum Solopos edisi hari ini, Selasa (30/7/2019). Berita tersebut bisa disimak secara lengkap di: E-Paper Solopos.

Selain itu, di halaman utama Harian Umum Solopos edisi hari ini terdapat ulasan mengenai munculnya nama Kaesang Pangarep dan Gibran Rakabuming Raka di bursa calon wali kota Solo.

Rudy Persilakan Gibran Ikut Penjaringan

Nama putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep muncul dalam hasil survei kepemimpinan Kota Solo 2020-2025. PDIP Solo mempersilakan Gibran mengikuti penjaringan.

Dalam hasil survei Laboratorium Kebijakan Publik Universitas Slamet Riyadi (Unisri), nama Gibran menempati peringkat atas. Gibran didukung 13% responden, berada di peringkat kedua di bawah Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo yang mendapat 38 persen.

Baca selengkapnya di: E-Paper Solopos.

Sedangkan di halaman Soloraya, ada kabar mengenai batalnya iuran wajib pengurus RT di Wonogiri untuk peringatan HUT ke-74 RI. Ada pula ulasan mengenai objek wisata di Klaten yang mampu membuat orang AS kagum.

Rawan Jadi Pungli, Pungutan RT Batal

Pungutan dari pengurus RT di Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, untuk peringatan HUT kemerdekaan Indonesia dibatalkan setelah diprotes. Para pengurus rukun tetangga (RT) itu mempertanyakan legalitas iuran yang diwajibkan panitia peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-74 kemerdekaan Indonesia tingkat kecamatan itu.

Pemerintah Kecamatan Wonogiri telah membatalkan pungutan dari para pengurus RT tersebut. Tim Pengawal Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah Kejaksaan Negeri (TP4D Kejari) Wonogiri menjelaskan tindakan yang mewajibkan pihak lain menyetor iuran dengan nominal tertentu melanggar aturan.

Simak selengkapnya di: E-Paper Solopos.

Pesona Desa Bikin Kagum Wong Amerika Serikat

Sebanyak 19 warga Amerika Serikat berkumpul di pendapa utama objek wisata Umbul Siblarak di Desa Sidowayah, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Senin (29/7/2019). Mereka mengenakan kaus seragam. Di bagian belakang kaus bertuliskan "Nutrition Education Ending Malnutrition (NEEM)".

Mereka datang untuk mengetahui aktivitas kaum ibu di Desa Sidowayah memberikan nutrisi kepada anggota keluarga mereka. Di pendapa Umbul Siblarak tersebut, para warga Amerika Serikat itu berbaur dengan warga Sidowayah.

Baca secara lengkap di: E-Paper Solopos.