Diumumkan Besok, Hasil Seleksi PMB Jalur Mandiri UNS dan ISI Solo Bisa Dicek Website Ini

Gapura Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo (Solopos/Dok)
30 Juli 2019 17:15 WIB Tamara Geraldine Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Hasil seleksi jalur mandiri penerimaan mahasiswa baru (PMB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo dan Institut Seni Indonesia (ISI) Solo akan diumumkan Rabu (31/7/2019).

Wakil Rektor I Bidang Kurikulum dan Pendidikan UNS Solo, Ahmad Yunus, mengatakan pengumuman hasil seleksi itu bisa dipantau melalui laman website https://spmb.uns.ac.id/. UNS Solo menyediakan kuota 20% untuk jalur seleksi mandiri dari total daya tampung.

“Pengumuman sekitar pukul 12.00 WIB. Ada 20.825 pendaftar yang dibagi menjadi 10.514 pendaftar jurusan Ilmu Pengetahuan Alam [IPA], 10.202 pendaftar jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial [IPS], dan 136 pendaftar Ilmu Pengetahuan Campuran [IPC]. Tersedia 1.032 kursi,” ujarnya saat dihubungi Solopos.com, Selasa (30/7/2019).

Ia mengatakan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) menjadi penentu seleksi jalur mandiri UNS Solo. Tahun lalu, jalur mandiri hanya mengacu hasil tes tertulis Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). 

Sedangkan tahun ini, selain mempertimbangkan hasil nilai UTBK juga mempertimbangkan UTBC. UTBC seleksi mandiri digelar 21 Juli lalu.

UTBC diadakan di delapan kota seperti Bandung, Surabaya, Jakarta, Serang, Medan, Lampung, Makassar dan Solo. Nilai UTBK dan UTBC digabungkan dan menjadi penentu diterima atau tidaknya pendaftar. 

"Seleksi jalur mandiri tahun ini menyediakan kuota 20% dari daya tampung. Kemudian kuota Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri [SNMPTN] 30% dan untuk kuota Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri [SBMPTN] 50%.,” ujarnya.

Ia mengatakan pengumuman hasil seleksi mandiri di setiap perguruan tinggi negeri (PTN) berbeda. “Ini tidak diumumkan secara serentak dengan PTN lainnya. UNS Solo dan ISI Solo memang akan mengumumkan pada Rabu,” ujarnya.

Terpisah, Wakil Rektor I ISI Solo I Nyoman Sukerna mengatakan pengumuman seleksi mandiri calon mahasiswa ISI Solo bisa dipantau melalui laman website https://spmb.isi-ska.ac.id/. 

“Untuk pastinya akan diumumkan pukul berapa saya belum bisa menjawab. Yang pasti akan diumumkan Rabu. Rabu pagi panitia masih melakukan rapat untuk menentukan pengumuman ini. Perkiraan saya bisa diakses pukul 13.00 WIB,” ujarnya. 

Ia mengatakan pada seleksi calon mahasiswa baru jalur mandiri tahun ini, peserta yang mendaftar ke ISI Solo wajib mengikuti tes tertulis maupun tes keterampilan. 

”Tes tertulis maupun tes keterampilan menjadi syarat masuk seleksi masuk ISI Solo. Calon mahasiswa dites sesuai jurusan yang mereka pilih. Pada seleksi mandiri tahun ini calon mahasiswa bisa memilih dua jurusan,” ujarnya.