Selamat! Paduan Suara Voca Erudita UNS Solo Sabet 8 Penghargaan di Italia

Penampilan Paduan Suara Voca Erudita Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo di Italia. (uns.ac.id)
31 Juli 2019 13:30 WIB Ika Yuniati Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Voca Erudita Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo kembali mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

Voca Erudita UNS Solo berhasil menyabet delapan penghargaan  dari dua kompetisi paduan suara yang diikuti yaitu 58th Seghizzi International Choral Singing Competition di Gorizia dan 8th International Choir and Orchestra Festival, di Florence, Italia.

Agenda tersebut diselenggarakan dalam waktu berbeda mulai Jumat (19/7/2019) hingga Jumat (26/7/2019). Keberangkatan kelompok koor itu didampingi pembina, Susy Susmartini, satu official, dan dipandu oleh dua konduktor, Redi Sabtono, serta Ardian Dika Adhyatma.

Tim yang terdiri atas 34 penyanyi ini memulai kompetisi pertama pada 58th Seghizzi International Choral Singing Competition di kota Gorizia, Italia. Voca Erudita terpilih menjadi satu-satunya perwakilan dari Indonesia untuk melawan 12 paduan suara dari 10 negara berbeda.

Ketua PSM Voca Erudita, Muhammad Hazim Fauzi, Selasa (30/7/2019), mengatakan dalam kompetisi ini Voca Erudita mengikuti dua kategori, yakni kategori 1D Historical Period since 1911 to the present day, dan kategori 2A Folk and traditional songs. Pada ajang ini Voca Erudita menyabet empat penghargaan.

Voca Erudita uns solo

Foto: PSM Voca Erudita UNS Solo di Italia. (Istimewa)

Perjalanan PSM Voca Erudita UNS berlanjut pada kompetisi kedua yaitu 8th International Choir and Orchestra Festival yang merupakan kompetisi paduan suara dan orkestra yang diadakan di jantung kota Florence, Italia.

Pada kompetisi ini, Voca Erudita mengikuti kategori A Mixed Choir Adults dan kategori M Modern and Contemporary Music. Usaha mereka dalam kompetisi kedua ini pun membuahkan hasil dengan menyabet empat penghargaan.

“Salah satunya The Golden David yaitu sebagai kelompok paduan suara yang memiliki performance terbaik dalam menginterpretasikan lagu dalam setiap kategori sekaligus dipilih sebagai peserta terbaik dalam ajang 8th International Choir and Orchestra Festival,” kata Hazim.

Prestasi ini diraih setelah mereka latihan keras selama kurang lebih lima bulan. Disusul berbagai kegiatan galang dana yang dilakukan untuk menunjang keberangkatan mereka.

“Terima kasih sebesar-besarnya kepada Rektor UNS beserta jajarannya, dan civitas academica Universitas Sebelas Maret, serta berbagai pihak yang sudah mendukung kami dalam berbagai bentuk dukungan sehingga dapat mengikuti kompetisi dan Puji syukur kami dapat membawakan hasil yang membanggakan Universitas, kota Solo, dan bangsa Indonesia” kata ketua pemberangkatan PSM Voca Erudita UNS ke Italia, Maria Vegasari.

Voca Erudita UNS Solo (istimewa)

Foto: Penampilan PSM Voca Erudita UNS Solo di Italia. (Istimewa)

Di sela-sela lomba, PSM Voca Erudita UNS memperkenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat Italia melalui rangkaian konser misi budaya yang digelar di Kota Mossa dan beberapa gereja Florence, Italia.

Koreografi arahan koreografer Paulus Krisna Wisnumurti menyempurnakan penampilan PSM Voca Erudita dalam membawakan lagu-lagu daerah yang memukau masyarakat Italia dalam kategori folklore saat konser misi budaya.