Ratusan Anak Muda Antusias Ikuti Global Village Summer 2019

Global Village Summer 2019 (Istimewa)
31 Juli 2019 16:10 WIB Septina Arifiani Solo Share :

Solopos.com, SOLO – Ratusan anak muda menghadiri Argo Budaya Universitas Sebelas Maret, Sabtu (27/7/2019). Tidak hanya mahasiswa atau pemuda dari Solo saja, acara ini juga dihadiri pemuda dari berbagai macam negara yang ikut berpartisipasi memeriahkan acara Global Village Summer 2019. Acara ini diinisasikan oleh AIESEC Universitas Sebelas Maret yang berkolaborasi dengan SOMPO Insurance

Acara bertajuk pertukaran budaya antar negara ini bertujuan untuk memperkenalkan budaya antar negara, yang tentunya dalam setiap negara memiliki keunikan dan perbedaan masing-masing. Secara tidak langsung acara Global Village Summer 2019 memberikan sedikit tentang pemahaman kepada masyarakat Solo akan pentingnya memiliki rasa toleransi terhadap perbedaan budaya, khususnya untuk kalangan pemuda di Solo.

Sebelas negara berpartisipasi dalam acara Global Village Summer 2019, seperti Vietnam, India, China, Moroko, Spanyol, Kanada, Mesir, Ceko, Taiwan, Amerika, dan Hongkong. Tidak hanya sekadar hadir dalam acara Global Village Summer 2019, namun mereka juga ikut memeriahkan acara tersebut dengan menampilkan ragam kebudayaan negara mereka masing-masing. Melalui penampilan fashion show, festival makanan, dan pertunjukan seni budaya yang khas dari masing-masing negara.

“Global Village adalah salah satu acara utama yang benar-benar dimana AIESEC bisa memberitahu masyarakat apa itu AIESEC dan juga rising awreness masyarakat terkait program-progam yang dimiliki AIESEC, dan bisa menjadi culture branding juga untuk masyarakat,” kata Fahda selaku Local Commitee President AIESEC In UNS mengenai Global Village Summer 2019.

Antusiasme para pemuda yang hadir besar, hal ini terlihat dari 300 tiket yang habis terjual. Selain menikmati penampilan yang dimeriahkan oleh panitia, pemuda Solo, maupun pemuda yang berasal dari berbagai macam negara, pengunjung juga dapat merasakan kehangatan berinteraksi antar masyarakat dunia melalui pemuda dari berbagai negara yang hadir dalam acara ini. 

Tak hanya sekadar berinteraksi, namun juga pengunjung dapat mencicipi langsung makanan khas yang disuguhkan dari berbagai negara. Sehingga, pengunjung merasakan sensasi seakan-akan seperti berkeliling dunia hanya dalam satu tempat saja. Namun tidak hanya pertunjukan budaya asing saja, kebudayaan Indonesia juga ikut diperkenalkan seperti penampilan tarian tradisional, alat musik tradisional, baju adat, dan makanan khas Indonesia. 

“Tujuan diadakan Global Village Summer 2019 ini supaya masyarakat Solo melek tentang world issues yang ada di dunia melalui project explanation, peka terhadap issue yang terjadi baik di Solo maupun di tempat lain, dan yang terakhir adalah meningkatkan rasa toleransi terhadap perbedaan budaya,” ujar Syafri selaku Organizing Committee President Global Village Summer 2019.

Acara ini menjadi ajang untuk para pemuda yang ingin berbagi pengalaman lintas negara dan mempunyai pengalaman seru dalam mempelajari berbagai macam kebudayaan yang ada. Selain sikap saling menghargai, menambah wawasan, menambah pengalaman, dan masih ada banyak hal yang didapat dalam acara Global Village Summer 2019.

“Kita sekarang hidup di zaman di mana orang gampang banget untuk menerka-nerka sesuatu. Dengan datang ke sini, mereka tidak akan menerka lagi dan mereka akan mengetahui apa sih rasanya berbicara dengan orang yang bukan dari negaranya, mempunyai bahasa yang berbeda, kebudayaan yang berbeda, latar belakang yang berbeda, umur yang berbeda, hingga edukasi yang berbeda. Dan tidak ada lagi yang membeda-bedakan satu sama lainnya.” Ujar Kevin selaku Member Committee Vice President External Relation of AIESEC Indonesia yang turut hadir mendampingi acara Global Village Summer 2019.

Keseruan acara ini juga didapat pada penghujung acara di mana seluruh pemuda yang hadir menerbangkan lampion yang berisikan harapan-harapan untuk kotanya, negaranya, maupun untuk dunia. 

Sebagai acara terakhir, Global Village Summer 2019 menghadirkan DJ untuk memeriahkan suasana dari penutup acara tersebut yang menjadi momen untuk seluruh pemuda yang hadir dalam acara tersebut membaur menjadi satu, penutup acara tersebut menjadi ajang untuk menjalin kebersamaan antara mahasiswa asing dengan pemuda lokal, dan menjadi kesan yang tak terlupakan yang sekaligus menjadi penutup acara Global Village Summer 2019.