Komplotan Perampas Uang Pengurus BUM Desa Gumpang Sukoharjo Tertangkap

ilustrasi penjambretan. (Solopos/Whisnu Paksa)
31 Juli 2019 04:30 WIB Indah Septiyaning Wardhani Sukoharjo Share :

Solopos.com, SUKOHARJO -- Jajaran Polres Sukoharjo membekuk tiga anggota komplotan yang merampas uang milik pengurus BUM Desa Gumpang, Kartasura, Sukoharjo, beberapa waktu lalu.

Total ada enam anggota komplotan yang melakukan perampasan tersebut. Tiga orang lainnya buron. Satu dari tiga orang yang sudah tertangkap itu diketahui merupakan residivis yang baru keluar dari Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas II B Sleman atau LP Cebongan.

Kasat Reskrim Polres Sukoharjo AKP Gede Yoga Sanjaya mewakili Kapolres Sukoharjo AKBP Iwan Saktiadi mengatakan tiga dari total enam pelaku pencurian dengan kekerasan dengan korban pengurus BUM Desa Gumpang, sudah ditangkap.

Penangkapan dilakukan berdasar hasil pemeriksaan terhadap korban dan saksi. Selain itu juga diperkuat bukti rekaman kamera CCTV di bank dan lokasi kejadian.

Tiga pelaku tersebut masing-masing Y, 36, asal Sumatra, A, 27, warga Mojolaban, Sukoharjo, dan V, 27, warga Magelang. Y dan A ditangkap pada 17 Juli lalu di Kartasura. Selanjutnya dari keterangan keduanya petugas menangkap V di Surabaya.

Ketiga pelaku seusai kejadian langsung menghilangkan jejak dengan melarikan diri. Namun keberadaan mereka berhasil dilacak polisi.

“Y berperan sebagai otak aksi kejahatan dan seorang residivis karena baru saja keluar dari LP Cebongan,” ujarnya.

Y dan A merupakan teman dekat yang sama-sama pernah mendekam di LP Cebongan. Hubungan mereka semakin akrab setelah keduanya keluar dari LP Cebongan dan A menampung Y di rumahnya di Mojolaban.

Saat beraksi Y dan A mengajak temannya dengan total keseluruhan enam orang. "Saat dimintai keterangan oleh petugas, baik Y, A, maupun V mengakui perbuatan mereka. Mereka mengambil paksa uang milik pengurus BUM Desa Gumpang, Kecamatan Kartasura," katanya.

Berdasarkan keterangan sementara para pelaku pernah beraksi di sejumlah daerah lain. “Keterangan Y ada kemungkinan aksi kejahatan lain di Sukoharjo selain korban pengurus BUM Desa Gumpang, Kecamatan Kartasura,” lanjutnya.

Polres Sukoharjo masih mengejar tiga pelaku lainnya. Identitas mereka sudah dikantongi dan polisi berusaha menangkap mereka.

“Tiga pelaku yang masih dalam pengejaran satu orang berasal dari Banyumas dan dua orang dari Palembang. Apabila dilihat dari enam orang pelaku mereka mereka mayoritas dari luar Sukoharjo, hanya A yang asli Mojolaban, Sukoharjo,” lanjutnya.

AKP Gede Yoga Sanjaya menjelaskan dalam aksinya komplotan pelaku sengaja mengincar nasabah bank. Mereka berbagi peran, ada yang ikut antre di bank dan melihat situasi di dalam apakah ada nasabah yang mengambil uang dalam jumlah banyak.

Pelaku kemudian membuntuti dan menunggu korban lengah. Pelaku kemudian melakukan eksekusi dan ada pelaku lain mengawal.

Saat beraksi, pelaku tidak segan menggunakan segala cara seperti mencongkel jok sepeda motor atau memecah kaca mobil untuk mengambil uang korban. Polres Sukoharjo meminta pada masyarakat saat melakukan pengambilan uang dalam jumlah banyak untuk lebih hati-hati. Apabila diperlukan bisa meminta pengamanan pada polisi.