5 Keluarga Sukoharjo Siap Transmigrasi ke Kalimantan, Begini Persiapannya

Ilustrasi rumah dan pekarangan di tempat tujuan transmigrasi. (Istimewa)
02 Agustus 2019 14:40 WIB Indah Septiyaning Wardhani Sukoharjo Share :

Solopos.com, SUKOHARJO -- Lima keluarga asal Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, mengikuti program transmigrasi ke Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara. Kini lima keluarga tersebut mengikuti tahapan pelatihan sebelum diberangkatkan ke Bulungan pada September mendatang.

Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Sukoharjo Bahtiyar Zunan mengatakan Kabupaten Sukoharjo hanya menerima kuota transmigrasi tahun ini sama seperti 2018, yakni sebanyak lima keluarga. Jumlah tersebut sesuai dengan ketetapan yang diberikan dari Provinsi Jawa Tengah.

"Ada lima keluarga masuk program transmigrasi dan akan diberangkatkan ke Bulungan, Kalimantan Utara, tahun ini," kata dia, Rabu (31/7/2019).

Bahtiyar mengatakan lima keluarga tersebut dipilih setelah melalui rangkaian verifikasi oleh tim Pemkab. Mereka sebelumnya masuk dalam daftar antrean untuk mengikuti program transmigrasi.

Mereka telah menyatakan kesanggupannya mengikuti program transmigrasi dan siap meninggalkan tempat asalnya ke tanah rantau.

"Sebelum diberangkatkan ke daerah transmigrasi kelima keluarga ini terlebih dahulu mengikuti proses diklat di balai diklat di Yogyakarta," katanya.

Selama diklat para peserta transmigrasi akan mendapatkan pembekalan materi. Salah satunya berkaitan dengan kegiatan dan program selama di Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara.

Pada intinya para peserta transmigrasi sejak dini harus mendapatkan gambaran mengenai kehidupan di daerah tujuan. "Cara bertahan hidup di daerah transmigrasi perlu dikenalkan karena kondisi geografis alam di Sukoharjo dengan di Kabupaten Bulungan berbeda," tuturnya.

Pemkab Sukoharjo terus melakukan persiapan dalam proses pemberangkatan peserta transmigrasi. Sebab kelengkapan persyaratan semuanya telah terpenuhi dan tinggal menunggu jadwal.