Indahnya Pohon Berbunga Mirip Sakura Jepang di Halaman Mangkunegaran Solo

Pengunjung berfoto di bawah pohon sakura di Kompleks Mangkunegaran, Solo. (Solopos - Mahardini Nur Afifah)
05 Agustus 2019 15:15 WIB Mahardini Nur Afifah Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Clara Pratinida, 17, dan Aulia Anggi, 15, bergantian mengambil foto dengan latar pohon bungur setinggi tujuh meter dengan diameter lebih dari setengah meter di area parkir sisi barat pelataran Pura Mangkunegaran, Solo, Sabtu (4/8/2019) sore.

Kedua siswi kelas XI jurusan Analis Kesehatan SMK Farmasi Nasional Solo ini sengaja datang untuk mengabadikan gambar mereka dengan bunga berwarna merah muda mirip pohon sakura khas Jepang di sana.

Pohon tersebut tampak menonjol dibandingkan tanaman lain seperti jati merak dan beringin yang sebagian daunnya mulai mengering di pelataran itu. Kehadiran pohon yang berbunga setahun sekali saban Juni-Agustus itu juga memberikan warna di tengah hiruk-pikuk padatnya lalu lintas akhir pekan jantung Kota Bengawan.

“Tahu di sini ada bunga mirip sakura dari medsos. Mumpung libur sekolah, mampir ke sini. Saya kira banyak pohonnya. Ternyata cuma satu tok,” tutur Clara saat ditemui Solopos.com.

Tak lama berselang, rombongan anak muda lain bergiliran mengambil gambar dengan latar pohon bungur. Di antara pengunjung, bahkan ada yang memanfaatkannya untuk memotret produk dagangannya berupa buket kembang.

Pohon itu memang bukan pohon sakura melainkan bungur. Namun, bunganya yang seperti bunga sakura membuat pemandangan di lokasi itu mirip taman sakura meski hanya ada satu pohon.

Pelaksana Tugas (Plt.) Pengageng Mondropuro Istana Mangkunegaran, Supriyanto Waluyo, mengatakan pengunjung diperbolehkan mengambil foto atau berselfie dengan latar belakang pohon bungur tersebut.

"Sekarang zamannya selfie, siapa tahu bisa jadi destinasi. Dengan catatan enggak boleh mengutak-atik pohon di sana,” pesan Supriyanto saat diwawancarai Solopos.com, Sabtu.