PSI Dorong Gibran Rakabuming Nyalon Wali Kota Solo 2020

Gibran Rakabuming Raka mengendarai motor custom Royal Enfield 500 beberapa saat sebelum city rolling Burnout 2018 di Solo Baru, Sukoharjo, Sabtu (1/9 - 2018). (Istimewa)
05 Agustus 2019 19:00 WIB Kurniawan Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kota Solo mendukung figur-figur yang merupakan representasi dari semangat anak muda untuk ikut meramaikan bursa calon wali kota Solo dan calon wakil wali kota Solo dalam Pilkada 2020. Salah satunya Gibran Rakabuming Raka.

Selain putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu, figur lain yang didukung PSI untuk maju dalam Pilkada Solo 2020 adalah Diah Warih Anjari. PSI menganggap keduanya mampu membuktikan diri sebagai sosok yang mandiri dan sukses di bidangnya.

Gibran Rakabuming dinilai eksis dengan usahanya di bidang kuliner, sedangkan Diah Warih aktif dalam berbagai kegiatan sosial dan kemanusiaan. Pernyataan itu disampaikan Ketua DPD PSI Solo, Muhammad Bilal, saat diwawancara Solopos.com, Minggu (4/8/2019).

“Sekretaris saya sudah berkomunikasi dengan orang kepercayaan Mbak Diah Warih. Pembicaraan seputar visi misi membangun Solo. Kalau dengan Mas Gibran belum komunikasi, tapi dia sosok ideal anak muda yang kami idamkan,” ujar dia.

Bilal menilai Pilkada Solo 2020 sebagai momentum strategis untuk menentukan arah pembangunan lima tahun ke depan. Seagai barometer nasional, katanya, Solo harus mendapat pemimpin muda yang segar pemikirannya dan tak tersandera parpol.

Dengan begitu arah pembangunan Solo ke depan lebih progresif dan dinamis. “Bila Solo masih dipimpin orang-orang itu perkembangannya tak terlihat. Beda bila pemimpinnya anak muda yang tanpa utang budi dengan parpol,” kata dia.

Bilal mengklaim pemikiran tersebut selaras dengan apa yang disampaikan Presiden Jokowi ihwal peran anak muda. Generasi muda termasuk di lingkaran politik harus berani tampil memimpin sektor-sektor strategis bangsa.

Selain nama Gibran dan Diah Warih Anjari, menurut Bilal ada beberapa nama lain yang dinilai potensial menjadi cawali-cawawali Solo. Beberapa nama itu seperti Antonius Yoga Prabowo, caleg PSI untuk DPRD Solo; dan dirinya sendiri.

“Kebetulan nama Mas Yoga dan saya masuk dalam daftar figur potensial yang mesti didorong sebagai cawali-cawawali Solo. Tapi partai punya mekanisme internal yang nanti dijalankan untuk menentukan figur pilihannya,” imbuh dia.