Tak Didukung PDIP? Gibran Rakabuming Diincar Gerindra

Gibran Rakabuming Raka mengendarai motor custom Royal Enfield 500 beberapa saat sebelum city rolling Burnout 2018 di Solo Baru, Sukoharjo, Sabtu (1/9 - 2018). (Istimewa)
06 Agustus 2019 20:30 WIB Kurniawan Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Menguatnya nama Achmad Purnomo di internal PDIP dalam bursa calon Wali Kota Solo membuat kans Gibran Rakabuming Raka maju melalui partai tersebut kian dipertanyakan. Hal ini ditangkap oleh Partai Gerindra yang ancang-ancang mengusung putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu.

Ketua DPC Partai Gerindra Solo, Ardianto Kuswinarno, mengatakan pihaknya berencana menemui Gibran Rakabuming Raka pekan ini. Mereka berencana meminta kepastian sikap anak sulung Jokowi itu dalam Pilkada Solo 2020.

Langkah tersebut diambil menyusul pernyataan Ketua DPC PDIP Solo, FX. Hadi Rudyatmo yang menyebutkan PDIP Solo menginginkan duet Achmad Purnomo dan Teguh Prakosa. Artinya ada peluang koalisi non PDIP untuk mengusung Gibran Rakabuming.

“Beberapa hari ini agenda di DPRD Solo sangat padat sehingga kami belum sempat bertemu dengan Mas Gibran. Mudah-mudahan pekan ini kami bisa bertemu dengan dia untuk meminta kepastian sikap menghadapi pilkada,” terang dia.

Mencuatnya nama Gibran Rakabuming Raka sebagai figur potensial cawali Solo membuat dinamika Pilkada Solo kian ramai. Salah satunya membuat gerakan mendukung pasangan Achmad Purnomo-Teguh Prakosa oleh PDIP Solo kian kencang.

Namun tetap saja belum ada penetapan pasangan cawali-cawawali Solo yang mendapat rekomendasi dari DPP PDIP. Artinya masih terbuka kemungkinan bagi siapa saja figur potensial untuk memperebutkan rekomendasi PDIP.