Api Lalap 4 Hektare Lahan Warga di Manyaran Wonogiri

Personel BPBD Wonogiri berupaya memadamkan api yang membakar lahan di Kecamatan Manyaran, Wonogiri, Selasa (6/8 - 2019). (Istimewa/BPBD Wonogiri)
07 Agustus 2019 11:55 WIB Cahyadi Kurniawan Wonogiri Share :

Solopos.com, WONOGIRI — Lahan milik warga di Dusun Duwet, Desa Kepuhsari, dan Dusun Jurang, Desa Pijiharjo, Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, terbakar, Selasa (6/8/2019).

Tak ada korban jiwa akibat kebakaran lahan seluas empat hektare di Wonogiri itu. Namun sejumlah pohon sonokeling dan jati hangus dilalap si jago merah.

Informasi dihimpun solopos.com, api kali pertama diketahui warga Selasa siang sekitar pukul 13.15 WIB. Namun, api itu tak lekas dipadamkan. Akibatnya, api membesar dan meluas ke semak-semak di sekelilingnya.

Melihat api yang membesar, warga melaporkan hal itu kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri. Personel BPBD serta sukarelawan Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) bergegas ke lokasi kejadian memadamkan api.

“Pemadaman api dibantu warga sekitar. Api harus segera padam lantaran hanya berjarak 500 meter dari permukiman,” kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Wonogiri, Bambang Haryanto, kepada Solopos.com, Rabu (7/8/2019).

Api akhirnya bisa dipadamkan pukul 17.30 WIB. Namun belum diketahui siapa pemilik lahan yang terbakar itu.

“Perlu peningkatan pemahaman kepada warga masyarakat setempat agar tidak membakar semak. BPBD juga mengupayakan pencegahan agar peristiwa itu tidak terulang kembali,” terang Bambang.