CFD Jl. Slamet Riyadi Solo Minggu Besok Ditiadakan

Suasana bundaran Gladak Solo saat CFD. (Solopos/Dok)
08 Agustus 2019 18:15 WIB Kurniawan Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Agenda car free day (CFD) di Jl. Slamet Riyadi Solo pada Minggu (11/8/2019)ditiadakan. Dinas Perhubungan (Dishub) Solo beralasan penutupan itu lantaran bertepatan dengan Hari Raya Iduladha 10 Dzulhijjah 1440 Hijriah (H).

Kegiatan CFD diliburkan untuk memeringati Hari Raya Idul Adha sekaligus mengantisipasi terjadinya kemacetan lalu lintas. Surat pemberitahuan diliburkannya CFD kepada masyarakat telah dikeluarkan Dishub Solo tertanggal 30 Juli 2019.

Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas Dishub Solo, Ari Wibowo, saat diwawancarai Solopos.com, Kamis (8/8/2019), mengonfirmasi kebijakan meliburkan CFD 11 Agustus 2019. Menurut dia, sosialisasi sudah dilakukan via media sosial (medsos).

Sosialisasi ditiadakannya CFD pada 11 Agustus 2019 juga dilakukan saat CFD pada Minggu (4/8/2019) lalu. “Sudah ada surat pemberitahuan peniadaan CFD 11 Agustus 2019 yang ditandatangani Pak Kadishub Solo [Hari Prihatno],” terang dia.

Ari menjelaskan keputusan meniadakan CFD pada 11 Agustus 2019 mempertimbangkan tingginya mobilitas umat Islam pada Minggu pagi. Mereka akan berbondong-bondong menuju masjid dan tanah lapang untuk Salat Iduladha.

Hal itu termasuk mobilitas umat Islam dari selatan Jl. Slamet Riyadi menuju ke utara jalan. Begitu juga sebaliknya.

“Umat Islam butuh aksesibilitas tinggi dari utara ke selatan dan selatan ke utara Jl. Slamet Riyadi,” ujar da.

Salah satu tempat yang akan digunakan untuk Salat Iduladha umat Islam yaitu Stadion Sriwedari yang berada di pinggir Jl. Slamet Riyadi. Menurut Ari, Dishub sudah berkoordinasi dengan Dinas Perdagangan terkait diliburkannya CFD.

“Koordinasi terkait para pedagang kaki lima [PKL] yang biasa berjualan saat kegiatan CFD. Mereka akan diliburkan juga atau tidak menjadi kewenangan Dinas Perdagangan. Yang jelas kami sudah sampaikan CFD diliburkan,” kata dia.

Terpisah, Kabid Penataan PKL Dinas Perdagangan Solo, Didik Anggono, mengaku sudah menyosialisasikan diliburkannya CFD pada 11 Agustus 2019 kepada para PKL. Mereka juga diminta meliburkan diri alias tak berjualan.

“Kami sudah sosialisasikan ihwal liburnya CFD ini kepada teman-teman PKL. Mereka juga kami minta meliburkan diri sementara. CFD akan dibuka kembali Minggu [18/8/2019] depan. Kami harap pengertian demi ketertiban bersama,” kata dia.