Usulan Formasi CASN Solo 2019 Dikurangi Jadi 500 Lowongan, Ini Sebabnya

Ilustrasi tes CAT CPNS (Setkab.go.id)
09 Agustus 2019 10:40 WIB Mariyana Ricky Prihatina Dewi Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Usulan perekrutan 1.700an calon aparatur sipil negara (CASN) untuk Kota Solo tahun 2019 ini direvisi menjadi hanya 500an lowongan. Revisi usulan itu diajukan Pemerintah Kota Solo kepada Kementerian Pemberdayaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), Senin (5/8/2019).

Perinciannya 500an formasi itu terdiri dari 30 persen CASN dan 70 persen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Kepala Badan Pendidikan Kepegawaian Pendidikan dan Daerah (BKPPD) Kota Solo, Rakhmat Sutomo, mengatakan alasan revisi salah satunya untuk menyesuaikan kemampuan keuangan Pemkot dalam menggaji pegawai.

“Usulan rekrutmen diturunkan untuk menyesuaikan anggaran. Angka itu sama dengan jumlah pegawai yang pensiun tiap tahun. Jadi nanti kebutuhan anggarannya enggak terlalu banyak berubah,” kata dia, kepada wartawan, Rabu (7/8/2019).

Ratusan formasi tersebut terdiri dari tenaga pendidikan, kesehatan, dan pelaksana teknis di berbagai organisasi perangkat daerah. Selain rekrutmen CASN, Pemkot juga tengah memikirkan nasib 112 PPPK yang rampung diseleksi awal tahun ini.

Badan Kepegawaian Nasional (BKN) belum menerbitkan Surat Keputusan (SK) sehingga belum ada kepastian hukum, termasuk penggajian.

“Seluruh pemerintah daerah di Indonesia juga sama. Belum ada regulasi soal siapa yang bertugas membayar gaji pegawai. Dulu di perencanaan APBD sudah ada (anggaran gaji PPPK). Tapi karena enggak ada surat perintah siapa yang membayar akhirnya DPRD enggak berani mengeluarkan. Mereka juga belum bekerja hingga saat ini,” jelasnya.

Sebelumnya, Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo mengatakan jumlah ASN ideal di Kota Bengawan seharusnya berada di angka 8.000an, namun saat ini hanya sekitar 6.000an.

Jumlah itu termasuk tenaga pendidik SD/SMP, serta tenaga kesehatan di Puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD). Rudy juga meminta rekruitmen CASN dilakukan mandiri oleh daerah.