228 Kades Terpilih Boyolali Dilantik Senin, Termasuk Kades Kuwiran?

Mantan Kades Kuwiran, Banyudono, Boyolali, Herie Sarwo Edie (berkalung bunga), mendapat hadiah sepeda motor dari warga atas kemenangannya dalam Pilkades setempat, Kamis (8/8 - 2019). (Akhmad Ludiyanto)
09 Agustus 2019 20:15 WIB Akhmad Ludiyanto Boyolali Share :

Solopos.com, BOYOLALI -- Sebanyak 228 kepala desa (kades) terpilih hasil pemilihan kepala desa (pilkades) serentak 29 Juni lalu di Boyolali akan dilantik Senin (12/8/2019). Pelantikan akan digelar di Pendapa Gede kompleks Alun-Alun Kidul Boyolali.

Pelantikan itu termasuk kades terpilih Kuwiran, Kecamatan Banyudono, yang baru menggelar Pilkades, Kamis (8/8/2019) lalu. Sebagai informasi, Pilkades Kuwiran yang sedianya diselenggarakan 29 Juni 2019 serentak bersama 228 desa lainnya di Boyolali kandas karena dua dari tiga calon (kecuali Herie Sarwo Edie) mengundurkan diri pada hari-hari terakhir menjelang coblosan sehingga tidak ada lagi waktu untuk perpanjangan pendaftaran. 

Setelah prosesnya diulang, Pilkades dilaksanakan Kamis (8/8/2019). Herie Sarwo Edie yang merupakan petahana menang mutlak dari empat rivalnya dalam Pilkades itu. 

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes) Boyolali Purwanto mengatakan kades terpilih Kuwiran dilantik jika surat penetapan dari panitia pilkades setempat sampai kepada Bupati Jumat (9/8/2019). 

“Kalau sampai hari ini [Jumat] usulan calon terpilih masuk, Kuwiran akan diikutkan sekalian. Tapi kalau tidak, ya akan dilantik menyusul,” ujarnya kepada Solopos.com, Jumat.

Sementara itu, Ketua Panitia Pilkades Kuwiran, Pario, belum dapat dihubungi. Namun saat diwawancarai seusai sidang pleno perolehan suara Pilkades, Rabu, dia mengatakan segera menyerahkan hasil pilkades kepada Badan Permusyawaratan Desa (BPD) untuk disampaikan kepada Bupati. 

“Sampai saat ini tidak ada persoalan mengenai hasil Pilkades sehingga kami segera menyerahkan hasil Pilkades ini kepada BPD untuk disampaikan kepada Bupati,” ujarnya.