Klaten Ajukan 820 Lowongan CASN 2019, Prioritas Tenaga Pendidik

Peserta mengikuti seleksi kompetensi dasar CASN. (Antarajatim/Vicki Febrianto)
09 Agustus 2019 13:55 WIB Taufik Sidik Prakoso Klaten Share :

Solopos.com, KLATEN -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten mengusulkan 820 lowongan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) untuk menutup kebutuhan pegawai. Hingga kini, pemkab menunggu keluarnya formasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Kabid Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Klaten, Rijana, mengatakan usulan formasi CASN itu sudah disampaikan ke Kemenpan RB April lalu. Jumlah usulan formasi sama dengan jumlah ASN yang pensiun tahun ini.

“Untuk rinciannya kami belum tahu. Kemarin kami hanya mengusulkan jumlahnya dulu. Setelah itu nanti tentu akan turun formasi dari Kemenpan RB untuk seluruh wilayah Indonesia. Jumlah pastinya berapa itu disesuaikan kebutuhan daerah hingga mengacu kemampuan APBD,” kata Rijana saat dihubungi solopos.com, Rabu (7/8/2019).

Tahun ini formasi CASN terdiri dari ASN dan P3K. Aturan untuk daerah itu 30 persen ASN dan 70 persen P3K. Untuk P3K itu pada posisi jabatan fungsional seperti guru, penyuluh pertanian, hingga tenaga kesehatan.

Soal kebutuhan pegawai, Rijana mengatakan masih diprioritaskan untuk posisi tenaga pendidik. Jumlah tenaga pendidik setiap tahun berkurang lantaran memasuki masa pensiun.

“Satu sekolahan itu paling hanya ada dua atau tiga ASN. Sementara, jumlah guru di SD itu minimal sembilan orang mulai dari guru kelas, guru agama, Penjaskes, serta kepala sekolah,” urai dia.

Rijana mengatakan pemkab hingga kini masih menunggu keluarnya formasi CASN untuk Klaten. Kondisi serupa juga dialami daerah lainnya yang mengusulkan formasi CASN.

“Belum lama ini ada rapat untuk membahas itu. Namun, masih sebatas petunjuk teknisnya saja. Untuk formasi belum keluar,” ungkapnya.