PLN Pastikan Pasokan Listrik Solo Aman, Pemadaman Hanya Saat Pemeliharaan

Logo PLN (Pictagram)
10 Agustus 2019 04:00 WIB Bayu Jatmiko Adi Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- PT PLN (Persero) memastikan pasokan listrik wilayah Soloraya aman di tengah gonjang-ganjing pemadaman. Kalau pun ada pemadaman, sifatnya hanya pemeliharaan yang sudah terjadwal di lokasi-lokasi tertentu.

Manajer Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) PLN Solo, Mundhakir, mengatakan ketersediaan pasokan listrik saat ini sekitar 830 mega Watt (MW). Pasokan itu, masih sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan.

"Beban puncak di wilayah Solo ini untuk tadi malam sekitar 399 MW, sedangkan di Sukoharjo 186 MW. Jadi ketersediaan pasokan masih sangat cukup," kata dia kepada wartawan di kantornya, Jumat (9/8/2019).

Meski demikian, PLN berupaya untuk terus memantau dan proaktif berkoordinasi dengan semua pihak untuk memastikan ketercukupan kebutuhan listrik di wilayah Solo dan sekitarnya, termasuk ke pemerintah daerah dan kalangan pelaku usaha.

Sedangkan mengenai potensi listrik padam, dia mengatakan wilayah Jawa Tengah termasuk Solo tidak terdampak secara langsung dengan peristiwa yang terjadi pada Minggu (4/8/2019) di wilayah Jawa bagian barat.

Namun dalam rangka pemeliharaan, pemadaman kemungkinan terjadi ketika pemeliharaan tidak bisa dilakukan tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB).

"Jika tidak bisa dilakukan tim PDKB akan dilakukan pemadaman namun lingkupnya kecil, hanya di sekitar lokasi pemeliharaan dan biasanya tidak lama. Sedangkan pemeliharaan itu memang sudah terjadwal," kata dia.

Seperti diketahui beberapa hari lalu sempat beredar kabar akan adanya pemadaman listrik serempak pada 7 Agustus 2019. Namun hal itu dibantah oleh Aji Rahmat Prabowo selaku Asman Komunikasi PLN Unit Induk Distribusi Jateng DIY.

Dia memastikan sistem kelistrikan di Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dalam kondisi normal. "Kabar itu tidak benar," kata dia saat dihubungi Solopos.com, Selasa (6/8/2019).