RSUD Bung Karno Solo Diresmikan 17 Agustus 2019

Pekerja menyelesaikan proyek pembangunan RSUD Semanggi, Pasar Kliwon, Solo, Rabu (13/3 - 2019). (Solopos/Nicolous Irawan)
10 Agustus 2019 17:00 WIB Mariyana Ricky Prihatina Dewi Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bung Karno akan diresmikan 17 Agustus mendatang. Saat ini persiapan rumah sakit yang berlokasi di Kelurahan Mojo, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo itu hampir 100 persen.

“Pekan ini perkembangannya sangat cepat. Jadi data hari ini dan besoknya bisa berbeda. Lebih dari 90 persen lah, hampir 100 persen,” ucap Direktur Utama RSUD Bung Karno Solo, Wahyu Indianto, kepada solopos.com, Selasa (6/8/2019).

Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, mengatakan capaian hampir 100 persen itu di antaranya terdiri atas petugas medis, alat kesehatan, perabot, dan sebagainya. Patung Bung Karno yang dipasang di halaman depan RSUD Bung Karno Solo, kata dia, sudah terpasang.

“Tinggal menarik selubung [patung] pas peresmian. Tinggal pelaksanaan pokoknya. 17 Agustus, enggak akan molor,” ucapnya.

Rudy, sapaan akrabnya, mengatakan sesudah soft opening tersebut, RSUD Bung Karno Solo belum melayani peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

Sebagai gantinya, Pemkot mengimbau pemegang kartu BPJS untuk mengakses layanan RSUD Solo manakala membutuhkan rujukan. "RSUD Ngipang (RSUD Solo) masih ada kok. Untuk sementara ke sana dulu,” ucap Rudy.

Kepala Seksi Pelayanan Medik RSUD Bung Karno, Lilik Prabowo, mengatakan, kerja sama dengan BPJS Kesehatan baru terjalin setelah sejumlah syarat terpenuhi. Lilik memperkirakan, RSUD Bung Karno Solo mulai melayani pasien BPJS paling cepat Agustus akhir atau September awal.