Iduladha 2019, Pemkot Solo Hibahkan Tujuh Ekor Sapi Kurban

Kasubag Pendidikan dan Kebudayaan Bagian Kesra Setda Solo, Bambang Harjanto memberi makan sapi hibah APBD Kota Solo 2019 pada Hari Raya Iduladha tahun ini, Sabtu (10/8 - 2019). (Istimewa)
11 Agustus 2019 14:45 WIB Mariyana Ricky Prihatina Dewi Solo Share :

Solopos.com, SOLO — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo menghibahkan tujuh ekor sapi pada Hari Raya Iduladha tahun ini menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Masjid Baitul Hikmah, Kompleks Balai Kota menjadi salah satu yang menerima hibah satu ekor sapi. Enam ekor lainnya, diserahkan untuk Masjid Al Fajar Pucangsawit, Kecamatan Jebres, Masjid At Tajdid Kelurahan Gandekan, Kecamatan Jebres, Masjid Nurul Firdaus, Kelurahan Joyosuran, Kecamatan Pasar Kliwon, Masjid Miftahul Jannah Kelurahan Kratonan, Kecamatan Serengan, Masjid Al Ikhlas Kelurahan Pajang, Kecamatan Laweyan, dan Masjid Barokah Kelurahan Nusukan, Kecamatan Banjarsari.

Kasubag Pendidikan dan Kebudayaan Bagian Kesra Setda Solo, Bambang Harjanto, mengatakan sapi-sapi tersebut diserahkan secara simbolis setelah pelaksanaan Salat Iduladha di Halaman Balai Kota yang dipimpin oleh K.H. Muhtarom, Imam Masjid Agung Solo. Bertindak sebagai khatib, Habib Noval bin Alaydrus.

“Pengurus masjidnya kami undang untuk bersama melaksanakan Salat Iduladha. Sesudah itu, penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Wakil Walikota, Achmad Purnomo. Beliau juga berkurban satu ekor sapi untuk Masjid Balai Kota,” kata dia, Sabtu (10/8/2019).

Bambang mengatakan selain menyembelih sapi hibah APBD dan sapi hibah Wakil Walikota, Masjid Baitul Hikmah juga akan menyembelih satu ekor sapi lagi. Sapi tersebut merupakan sumbangan dari salah seorang pengusaha asal luar kota yang tak ingin disebutkan namanya.

“Daging sapi yang disembelih di Masjid Balai Kota dibagikan ke masyarakat terdekat, Kelurahan Kampung Baru, organisasi, dan masyarakat yang mengajukan permohonan,” pungkasnya.