Cara Mencegah dan Menangani Alergi pada Buah Hati

Ilustrasi bayi (Freepik)
12 Agustus 2019 19:20 WIB Reni Lestari Solo Share :

Solopos.com, JAKARTA -- Para orang tua melakukan berbagai upaya untuk menjaga kesehatan buah hatinya. Namun kondisi lingkungan yang kurang bersahabat terkadang bisa memicu aneka gangguan kesehatan ada anak kecil, salah satunya alergi.

Kondisi alergi pada anak bisa membuat orang tua kebingungan untuk mencari penyebab, cara penanganan, serta pencegahannya. Konsultan alergi dan imunologi anak, Budi Setiabudiawan, mengatakan langkah pencegahan anak terserang alergi sebaiknya dilakukan selama masa kehamilan.

Dia menjelaskan ibu yang tengah mengandung sebaiknya tidak memiliki pantangan makanan tertentu. "Ibu boleh makan apa saja, tidak ada pantangan apa pun. Selama dia tidak alergi, dia harus makan apa saja," kata Budi Setiabudiawan, baru-baru ini.

Setelah anak lahir, lanjutnya, ibu harus memberi air susu ibu (ASI) eksklusif selama 6 bulan dan dilanjutkan dengan memberikan makanan pendamping ASI. Namun jika anak sudah terkena alergi, langkah pertama adalah mengenal penyebabnya.

Dia menjelaskan anak akan sangat berisiko terkena alergi jika kedua orang tuanya juga memilki riwayat penyakit tersebut.

Jika kedua orang tua memiliki riwayat alergi, ungkap Budi, anak berisiko sekitar 40 persen hingga 60 persen, sedangkan jika kedua orang tua memiliki alergi yang sama, maka risiko pada anak meningkat hingga 80%.

Risiko terkena alergi juga terdapat pada anak yang dilahirkan secara caesar, di mana pertumbuhan bakteri baik di usus terhambat karena keluar tidak lewat saluran lahir ibu.

Budi mengatakan jika anak sudah terbukti mengalami alergi, penanganan pertama adalah pemberian ASI. Namun, jika anak secara medis tidak bisa mengonsumsi ASI, maka bisa diberikan susu formula tertentu.

"Jadi ASI merupakan nutrisi yang baik dibandingkan dengan susu formula mana pun. Tetapi apabila seorang anak tidak bisa minum ASI, bisa menggunakan susu hidrolisa, ada yang parsial, ekstensi, dan formula asam amino," ujarnya.

Orang tua yang menemukan anaknya mengalami alergi juga disarakan melakukan 3K yakni kenali gejalanya, konsultasikan ke dokter, dan kendalikan penyebab alergi.

Sumber : Bisnis.com