Gudang SMAN 1 Karanganyar Terbakar, Kerugian Rp10 Juta

Pejabat Humas SMAN 1 Karanganyar, Suratno, Selasa (13/8/2019), menunjukkan puing-puing kebakaran di gudang sekolah yang beralamat di Kelurahan Tegalgede, Kecamatan - Kabupaten Karanganyar, itu. (Solopos/Wahyu Prakoso)
13 Agustus 2019 09:30 WIB Wahyu Prakoso Karanganyar Share :

Solopos.com, KARANGANYAR -- Kebakaran menghanguskan gudang SMAN 1 Karanganyar, Senin (13/8/2019) malam pukul 22.00 WIB. Kerugian akibat kebakaran ditaksir mencapai Rp10 juta.

Berdasarkan pantauan solopos.com, gudang yang terbakar berada di selatan Jl. Citarum, Kelurahan Tegalgede, Kecamatan/Kabupaten Karanganyar. Gudang berisi peralatan bekas pakai antara lain komputer, AC, buku, meja, dan kursi. Api menghanguskan tiga ruangan gudang dan atap toilet sekolah.

Salah satu penjaga sekolah setempat, Tulus Harianto, 34, menjelaskan sekitar pukul 21.30 WIB dirinya mengunci pagar pintu sekolah. Saat berjaga, Tulus mendapatkan kabar dari salah satu warga, Agus, terdapat kobaran api pada sisi selatan gedung.

“Kami berjaga empat orang di gedung utara. Warga datang meminta akses pintu masuk. Saat kami masuk api sudah menjalar hingga atap,” katanya kepada solopos.com saat ditemui di lokasi, Selasa (13/8/2019).

Dia bersama warga memadamkan api dengan air dari toilet di dekat titik api. Lima menit kemudian BPBD datang ke lokasi disusul Damkar Karanganyar.

Kepala SMAN 1 Karanganyar, Bagus Nugroho, menjelaskan, saat kejadian ia dihubungi Tulus melalui sambungan telepon. Ketika sampai lokasi api sudah dikendalikan oleh Damkar Karanganyar.

“Total kerugian kira-kira Rp10 juta karena hanya berisi barang bekas yang sudah rusak berat. Gedung juga sudah kami rencanakan untuk dirobohkan sejak tahun lalu karena sudah rusak,” ujarnya.