50 Anggota DPRD Wonogiri Sudah Dilantik, Siapa Calon Ketuanya?

Anggota DPRD Wonogiri menandatangani berita acara pengambilan sumpah dan janji seusai dikantik di Gedung Graha Paripurna Kantor DPRD, Kamis (15/8/2019). (Solopos - Rudi Hartono)
15 Agustus 2019 23:15 WIB Rudi Hartono Wonogiri Share :

Solopos.com, WONOGIRI -- Sebanyak 50 anggota DPRD Wonogiri periode 2019-2024 sudah dilantik di gedung DPRD setempat, Kamis (15/8/2019). Tugas selanjutnya adalah menentukan pimpinan dan alat kelengkapan DPRD.

Ketua DPRD Wonogiri masih akan dijabat legislator dari PDIP. Namun, siapa legislator PDIP yang akan diusulkan sebagai ketua masih misterius.

Pimpinan partai berlambang banteng moncong putih itu menyatakan legislator pendatang baru pun berkesempatan untuk diusulkan. Pantauan Solopos.com, seusai pelantikan 50 legislator terpilih, Kamis, Sekretaris DPRD (Sekwan) Wonogiri, Gatot Siswoyo, mengumumkan dua pimpinan sementara DPRD.

Kedua pimpinan sementara itu, yakni Setyo Sukarno dari PDIP sebagai ketua sementara dan Sugeng Ahmadi dari Partai Golkar sebagai wakil ketua sementara.

Sesuai ketentuan, empat pimpinan DPRD ditentukan berdasar partai yang memiliki perolehan kursi terbanyak pertama, kedua, ketiga, dan keempat. Partai peraup suara terbanyak pertama berhak mengusulkan salah satu legislator untuk menduduki kursi ketua.

Berdasar hasil Pemilu 2019 lalu, empat partai yang memperoleh kursi terbanyak meliputi PDIP 28 kursi, Partai Golkar delapan kursi, Partai Gerindra empat kursi, dan PKS empat kursi.

Ketua DPC PDIP Wonogiri, Joko Sutopo, saat ditemui Solopos.com seusai menghadiri pelantikan legislator menyampaikan tidak ada legislator tertentu dari PDIP yang otomatis akan diusulkan menjadi Ketua DPRD. Hal itu termasuk Setyo Sukarno yang saat ini menjadi ketua sementara.

Dia menegaskan penunjukan pimpinan DPRD dari PDIP merupakan wewenang DPP atas usulan DPC yang berkoordinasi dengan DPD Jateng. Pengusulan DPC dilakukan melalui musyawarah.

Legislator yang bakal diusulkan adalah sosok yang memenuhi kriteria, seperti memiliki integritas tinggi dan mampu merepresentasikan partai. “Jadi bukan soal senior dan junior. Yang penting, integritas dan kapabilitasnya tidak diragukan lagi, kredibilitasnya klir,” ucap Jekek yang juga Bupati Wonogiri tersebut.

Saat ditanya nama legislator yang memenuhi kriteria itu, dia enggan mengungkap. Dia hanya mengatakan legislator pendatang baru pun tak menutup kemungkinan diusulkan jika memenuhi kriteria.

Sementara itu, Ketua DPD Golkar Wonogiri, Bondan Sejiwan Boma Aji, mengaku sudah mengajukan empat nama legislator calon Wakil Ketua DPRD, tetapi dia hanya ingat tiga nama. Mereka yakni Sugeng Ahmadi, Paryanti, dan Gunariyanto.

Saat ini dia tinggal menerima penunjukan dari DPP melalui DPD Jateng. Ketua DPC Gerindra Wonogiri, Suryo Suminto, mengusulkan dua nama legislator pendatang baru sebagai calon Wakil Ketua DPRD, yakni Imron Rizkyarno dan Siti Hardiyani.

Imron merupakan legislator termuda, yakni berusia 24 tahun. Suryo mengusulkan mereka berdasar jabatan di struktural partai dan pemilik suara terbanyak. Siti merupakan sekretarisnya, sedangkan Imron peraup suara terbanyak.

Ketua DPD PKS, Ngadiyono, mengatakan empat atau seluruh legislator PKS diusulkan menjadi calon Wakil Ketua DPRD. Menurut dia, semua berkesempatan menduduki kursi pimpinan.