Soloraya
Kamis, 28 Maret 2024 - 14:50 WIB

Dishub Sukoharjo Siapkan Papan Penunjuk Arah dan Kamera CCTV Pantau Pemudik

Redaksi Solopos.com  /  Kaled Hasby Ashshidiqy  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kamera closed circuit television (CCTV),(JIBI/Solopos/Antara/Aditya Pradana Putra)

Solopos.com, SUKOHARJO – Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo segera memasang papan penunjuk arah di jalur alternatif guna mempermudah pemudik. Di sisi lain, pergerakan para pemudik juga bakal dipantau melalui kamera CCTV (closed curcuit television) yang dipasang di sejumlah ruas jalan strategis.

Kepala Dishub Sukoharjo, Toni Sri Buntoro, mengatakan papan penunjuk arah bakal dipasang di persimpangan di jalur mudik Lebaran. Terutama di sepanjang jalan Jogja-Solo; simpang Jlopo di Kadilangu, Baki; dan sepanjang jalan Solo-Wonogiri.

Advertisement

“Papan penunjuk jalan itu menjadi panduan pemudik yang hendak melewati jalur-jalur alternatif agar tak tersesat. Banyak pemudik memilih melewati jalur alternatif lantaran tak ingin terjebak kemacetan,” kata dia, saat berbincang dengan Solopos.com, Kamis (28/3/2024).

Sebagai contoh, para pemudik dari arah Jogja hendak ke Solo bisa berbelok kanan melewati Tugu Ireng di Sanggung, Gatak. Jalan itu menjadi jalur alternatif para pemudik melewati wilayah Gatak dan Baki tanpa perlu melewati Bundaran Kartasura yang diperkirakan macet lantaran adi titik temu arus lalu lintas dari Jogja-Solo dan Semarang-Solo.

Terlebih, jumlah pemudik pada Lebaran 2024 diperkirakan jauh lebih besar dibanding tahun lalu. “Informasi yang saya dapat, tol Solo-Jogja bakal dioperasikan secara fungsional mulai 5 April. Sebagian kendaraan yang keluar dari exit tol Solo-Jogja bakal melewati Bundaran Kartasura,” ujar dia.

Advertisement

Saat ini, Dishub Sukoharjo tengah mematangkan rancangan manajemen rekayasa lalu lintas di kawasan Bundaran Kartasura dan simpang empat Kartasura. Termasuk pengalihan arus lalu lintas jika terjadi penumpukan kendaraan bermotor.

Pada Lebaran sebelumnya, jika terjadi kemacetan lalu lintas, kendaraan bermotor dari dari Semarang dialihkan melewati Jl. Indronoto dan Luwes Kartasura. Sementara arus lalu lintas dari Jogja dialihkan ke Simpang Tiga Parangtejo melewati underpass Makamhaji menuju Solo.

“Pengalihan arus lalu lintas dilakukan jika terjadi penumpukan kendaraan di sekitar Bundaran Kartasura. Jika kondisi arus lalu lintas lancar ya tidak ada pengalihan arus lalu lintas,” urai dia.

Advertisement

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas Dishub Sukoharjo, Heri Prasetyo, mengatakan akan memantau pergerakan para pemudik melalui kamera CCTV yang akan dipasang di sejumlah lokasi.  “Jika ada penumpukan kendaraan bermotor langsung diinformasikan ke petugas di pos pengamanan Lebaran. Sehingga, segera ditindaklanjuti oleh petugas di lapangan,” papar dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif