SOLOPOS.COM - Ilustrasi elpiji bersubsidi. (Ilustrasi/Solopos Dok).

Solopos.com, SUKOHARJO – Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Disdagkop dan UKM) Sukoharjo berencana mengajukan tambahan kuota harian elpiji 3 kg ke Pertamina. Hal ini untuk meredam tingginya tingkat permintaan elpiji 3 kg saat Lebaran.

Saat ditemui Solopos.com, Selasa (26/3/2024), Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan dan Pengembangan Perdagangan Disdagkop dan UKM Sukoharjo, Arif Ardiantoro, tidak menyebutkan secara detail berapa jumlah tambahan kuota yang diajukan. Selain itu, tidak ada kepastian usulan penambahan kuota gas melon itu juga disetuju Pertamina.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Pengajuan tambahan kuota elpiji 3 kg khusus untuk libur Lebaran. Tapi masih rencana, kami bakal terlebih dahulu melakukan pemantauan di lapangan. Permintaan elpiji 3 kg pasti melonjak sehingga perlu diantisipasi sejak sekarang,” kata dia.

Arif menyebut tingginya permintaan elpiji 3 kg menjelang Lebaran tidak hanya terjadi di Sukoharjo melainkan juga di daerah lain. Peningkatan permintaan elpiji bersubsidi itu diperkirakan terjadi hinggabeberapa hari setelah Lebaran.

Sejauh ini Arif memastikan stok elpiji 3 kg di Sukoharjo aman. “Masyarakat tak perlu khawatir bakal kesulitan mendapatkan elpiji 3kg menjelang Lebaran. Kami selalu memantau ketersediaan elpiji 3 kg mulai dari tingkat pangkalan hingga tingkat pengecer,” ujar dia.

Dalam waktu dekat, Arif bakal berkomunikasi dengan Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) Soloraya untuk membahas pengajuan alokasi tambahan elpiji 3 kg  tersebut. “Alokasi harian elpiji 3 kg di Sukoharjo sekitar 28.000 tabung. Sekarang masih mencukupi, belum terjadi kenaikan permintaan dari masyarakat,” ujar dia.

Sementara itu, salah seorang warga Kelurahan Gayam, Kecamatan Sukoharjo, Sunarti, berharap tidak ada kelangkaan elpiji 3kg saat Lebaran nanti. Pasalnya tiga hari menjelang Lebaran, keluarga besarnya akan berkumpul di rumah. Kebutuhan epiji meningkat.

“Bagi masyarakat,yang penting barangnya ada. Kalaupun harga naik tidak masalah jika masih wajar. Hampir setiap rumah bakal memasak makanan, jadi elpiji 3kg sangat dibutuhkan saat Lebaran,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya