SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Burhan Aris Nugraha/JIBI/SOLOPOS)

Ilustrasi (Burhan Aris Nugraha/JIBI/SOLOPOS)

SOLO–Sejumlah proyek rehab dan pemeliharaan jalan di Kota Solo tahun 2012, segera direalisasikan.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Selain beberapa proyek yang dilaksanakan dengan mekanisme penunjukan langsung, Dinas Pekerjaan Umum (DPU) juga mulai memroses lelang untuk dua proyek rehab dan pemeliharaan jalan, yaitu Jl Tangkuban Perahu dan Jl Ki Gede Sala.

Dua proyek jalan tersebut diperkirakan dapat dimulai awal Juni ini. Terkait rencana pelaksanaan proyek rehab dan pemeliharaan jalan tersebut, jajaran Komisi II DPRD Kota Solo meminta DPU benar-benar cermat, terutama terhadap kualitas dari perbaikan sejumlah ruas jalan tersebut.

”Yang jelas kami harapkan kualitas pengerjaan jalan dalam proyek-proyek tersebut benar-benar baik. Jangan sampai baru setahun, jalan sudah rusak lagi, rusak lagi. Setidaknya bisa bertahan hingga lebih dari dua-tiga tahun,” tegas Anggota Komisi II DPRD Kota Solo, Asih Sunjoto Putro ketika ditemui wartawan di ruang Komisi II, Kamis (10/5/2012).

Asih mencontohkan rehab dan pemeliharaan di Jl Tangkuban Perahu. Diakuinya, tahun lalu juga ada proyek yang sama untuk memperbaiki kondisi jalan tersebut yang rusak. ”Saya memang tidak tahu rusaknya di titik yang sama atau bukan. Tapi harapannya, kali ini kualitas pengerjaan jalan harus benar-benar diprioritaskan,” tegasnya.

Diakuinya, kerusakan jalan bisa disebabkan oleh sejumlah faktor. Salah satunya karena jalan itu kerap dilalui kendaraan berat. ”Kalau kualitas pengerjaannya bisa bagus, bisa bertahan dua hingga tiga tahun mendatang. Dengan begitu, maka jalan-jalan tersebut tidak rusak sehingga harus dilakukan perbaikan setiap tahunnya,” katanya.

Selain dua jalan tersebut, Asih menyebutkan beberapa ruas jalan yang akan diperbaiki tahun ini yaitu Jl Slamet Riyadi, Jl Sutoyo, Jl Katamso dan Jl Kolonel Sugiyono. Proyek Jl Tangkuban Perahu dan Jl Ki Gede Sala mendapatkan alokasi anggaran dari APBD masing-masing Rp522,7 juta dan Rp261,3 juta.

Sementara itu, Jl Slamet Riyadi mendapatkan kucuran dana lebih besar, yakni Rp1,003 miliar, Jl Sutoyo Rp217,7 juta. Sedangkan Jl Katamso dan Jl Kolonel Sugiyono juga mendapatkan anggaran perbaikan masing-masing senilai Rp342,7 juta dan Rp 627,3 juta.

Anggota Komisi II lainnya, Yulianto Indratmoko menambahkan, sesuai aturannya, lelang semua proyek di Kota Solo saat ini dengan menerapkan sistem Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE). ”Informasi dari DPU saat raker (rapat kerja) kemarin (Rabu, 9/5/2012-red), untuk Jl Tangkuban Perahu dan Jl Ki Gede Sala, awal Juni sudah bisa dimulai pengerjaan fisiknya,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya