SOLOPOS.COM - Pekerja menyelesaikan pemasangan metal roof serambi Masjid Agung Solo, Senin (18/3/2013). (JIBI/SOLOPOS/Sunaryo Haryo Bayu)

Pekerja menyelesaikan pemasangan metal roof serambi Masjid Agung Solo, Senin (18/3/2013). (JIBI/SOLOPOS/Sunaryo Haryo Bayu)

SOLO — Pemasangan sirap Masjid Agung Solo memasuki tahap akhir. Sedangkan proyek rehabilitasi masjid yang menelan anggaran APBD Rp3 miliar dipastikan selesai akhir Maret.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Saat ini tinggal menunggu finishing untuk pengecatan saka dan tiang masjid. Untuk pemasangan sirap tinggal 10 persen,” jelas Ketua Panitia Renovasi Masjid Agung Solo, Muhammad Mahmud, kepada wartawan, di lokasi, Senin (18/3/2013).

Mahmud mengatakan Pemkot Solo memberikan perpanjangan waktu dalam proses renovasi hingga Maret 2013. Perpanjangan itu dilakukan mengingat kendala teknis yang dihadapi panitia renovasi masjid dalam menghadapi musim hujan dan sejumlah peralatan yang terlambat datang.

“Saya optimistis Maret selesai. Kemarin sempat ada kendalanya mengenai pemesanan metal roof yang terlambat datang, karena barangnya harus dipesan dalam waktu yang agak panjang. Di sisi lain cuaca hujan menjadi faktor kendala keterlambatan. Namun semua keterlambatan bisa dikejar,” kata dia.

Mahmud mengatakan proses renovasi di Masjid Agung Solo sudah dilakukan selama tiga kali yakni renovasi bagian dalam, serambi dalam dan renovasi atap. Meski demikian pada renovasi bagian dalam serambi pada tahun 2010, menyisakan sejumlah masalah.

“Kayu yang digunakan untuk saka kualitasnya tidak baik sehingga baru beberapa tahun sudah keropos. Akhirnya sekarang kita ganti kayu jati. Dulu kayunya jelek dan sudah keropos. Selain itu, umpak yang ada di serambi masjid akan diganti dengan menggunakan batu andesit,” papar dia.

Mahmud memaparkan setelah proses renovasi selesai, pihaknya bakal menyiapkan laporan pertanggungjawaban (Lpj) kepada Pemkot Solo sesuai anggaran yang dikeluarkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya