SOLOPOS.COM - Sejumlah anak berinteraksi dengan domba di wahana Cepogo Cheese Park, Boyolali, Senin (12/12/2022). (Solopos.com/Ni’matul Faizah).

Solopos.com, BOYOLALI–Libur Lebaran dimanfaatkan perantau asal Boyolali untuk mudik atau pulang kampung untuk berkumpul bersama keluarga.

Bagi pemudik yang ingin menjelajah potensi pariwisata bersama keluarga, berikut rekomendasi tempat wisata di Boyolali dan harga tiketnya selama libur Lebaran 2023.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

1. Cepogo Cheese Park

Cepogo Cheese Park (CCP) di Desa Genting, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali ini menjadi wisata teranyar yang buka pada akhir 2022.

Wisata ini selain menawarkan wisata ala-ala peternakan juga menawarkan panorama sejuk wisata ketinggian, pemandangan Gunung Merapi dan Merbabu, serta city view.

General Affair (GA) Cepogo Cheese Park, Gusta Hatrian, mengungkapkan selama libur Lebaran yaitu 21 April – 1 Mei 2023, CCP akan buka seperti biasa.

“Untuk harga tiket masuk Rp30.000/orang terdiri atas harga tiket masuk Rp20.000 dan Rp10.000 untuk deposit. Itu akan dikembalikan ketika pengunjung selesai berwisata dengan syarat mengembalikan kartu masuk ke area CCP,” ujarnya kepada Solopos.com, Jumat (21/4/2023).

Jam operasional selama libur Lebaran di Cepogo Cheese Park untuk CCP Shop buka mulai pukul 09.00 WIB–19.00 WIB. Untuk CCP Resto khusus pada 22 April buka pukul 10.00 WIB–19.00 WIB, akan tetapi setelah itu buka mulai pukul 09.00 WIB. Untuk CCP wisata buka mulai pukul 09.00 WIB–17.30 WIB.

2. Bukit Sanjaya

Tempat wisata selanjutnya yang bisa dijadikan pilihan bagi masyarakat yang ingin menghabiskan libur Lebaran adalah Bukit Sanjaya. Lokasinya berada di Desa Samiran, Selo, Boyolali.

Terletak di kaki Gunung Merbabu, Bukit Sanjaya menawarkan spot foto instagramable berlatar belakang Gunung Merapi.

Pemilik Bukit Sanjaya, Trijoko, mengungkapkan selama libur Lebaran ini Bukit Sanjaya tetap buka seperti biasa. “Mulai dari pukul 06.00 WIB–18.00 WIB. Harga tiket juga tetap tidak ada kenaikan,” ujar Trijoko.

Harga tiket masuk Bukit Sanjaya juga normal yaitu Rp10.000/orang.

Bukit ini memiliki beberapa tingkatan, tingkatan paling bawah adalah lahan parkir, tingkatan kedua ada restoran, tingkatan selanjutnya adalah spot wisata Bukit Sanjaya.

3. Embung Manajar

Wisata selanjutnya yaitu Embung Manajar yang masih di Samiran, Selo, Boyolali. Bagi para pemudik yang ingin merasakan trayek menantang bisa mengunjungi Embung Manajar.

Jalan menuju ke Embung Manajar naik, berkelok, dan kecil sehingga sangat sulit dilewati dengan mobil biasa. Dengan sepeda motor pun jalur ini sangat menantang.

Pilihan berjalan kaki sambil naik sekitar 1 km bisa menjadi pilihan yang bagus sambil menghabiskan libur Lebaran bersama keluarga.

Pengelola wisata Embung Manajar, Hasyim, mengungkapkan harga tiket selama Lebaran sama seperti hari biasa yaitu Rp5.000/orang dan untuk camping Rp15.000/malam. “Peralatan camping membawa sendiri,” kata dia.

4. Kebun Raya Indrokilo Boyolali

Kebun Raya Indrokilo Boyolali (KRIB) juga bisa menjadi tempat wisata yang dekat dengan pusat pemerintahan Kabupaten Boyolali. Lokasinya dari Kompleks Sekretariat Daerah (Setda) hanya ke timur dan cukup berkendara selama tujuh menit untuk sampai di Desa Butuh, Kecamatan Mojosongo.

Anggota staf pengelolaan koleksi Kebun Raya Indrokilo, Yunus Puratmoko, mengungkapkan selama libur lebaran hanya tutup pada 22 dan 23 April. Tiket tetap Rp5.500/orang dengan memesan dari aplikasi Si Boy.

“Fasilitas terbaru ada sewa sepeda listrik di dalam kebun, per jam harga sewanya Rp50.000. Kemudian ada tambahan koleksi hewan rusa satu pasang,” ungkap Yunus.

5. Waduk Cengklik Park

Rekomendasi tempat wisata selama libur Lebaran selanjutnya adalah Waduk Cengklik Park (WCP). Tempat wisata ini tidak jauh dari Kota Solo.

HRD Waduk Cengklik Park, Titi Suparti, menuturkan selama libur Lebaran tempat wisatanya akan buka seperti biasa

“Buka terus, enggak ada liburnya dari pukul 08.00 WIB–17.30 WIB. Harga tiket masuk Rp25.000/orang. Untuk wahana baru ada Dino Land dan 3D,” ungkapnya.

6. Lembah Gunung Madu

Lembah Gunung Madu (LGM) di Simo, Boyolali juga bisa menjadi pilihan untuk menghabiskan libur Lebaran 2023.

Admin wisata Lembah Gunung Madu, Dwi Margarina, mengungkapkan LGM hanya akan libur sehari pada 22 April. Buka kembali pada 23 April 2023.

“Buka mulai pukul 08.30 WIB–17.00 WIB. Harga tiket tetap Rp10.000/orang, parkir motor Rp4.000 dan mobil Rp7.000,” kata dia.

Beberapa wahana LGM yang bisa dinikmati pengunjung antara lain kolam buatan, kubah putih, dan pilar putih. Untuk wahana baru ada flying fox dan sepeda gantung.

7. Wana Wisata Kedung Cinta Kedung Ombo

Untuk kawasan Boyolali utara, ada satu tempat wisata yaitu Wana Wisata Kedung Cinta Kedung Ombo, Kemusu, yang justru banyak dikunjungi dari daerah lain seperti Demak, Kudus, dan daerah lain.

Di Wana Wisata Kedung Cinta Kedung Ombo, pengunjung bisa menikmati berbagai pilihan ikan hasil Waduk Kedung Ombo. Ada juga sensasi makan di atas perahu apung yang akan menawarkan kenikmatan tersendiri.

Ada juga wahana permainan anak-anak, mobil ATV mini, dan berkeliling waduk dengan perahu yang dapat dinikmati pengunjung.

Pengelola Wana Wisata Kedung Cinta Kedung Ombo, Pujiyanto, mengungkapkan akan ada perbedaan tiket pada hari Lebaran.

“Hari H pertama Lebaran Rp15.000/orang, hari kedua sampai ketujuh Rp20.000. Itu nanti ada hiburan reog dan barongsai. Harga pada hari normal Rp10.000/orang,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya