SOLOPOS.COM - Ada sejumlah destinasi wisata di Kota Solo yang bisa dikunjungi selama Lebaran 2024, salah satunya Solo Safari. (Solopos.com/Ahmad Kurnia Sidik)

Solopos.com, SOLO–Ada sejumlah rekomendasi destinasi wisata di Kota Solo yang bisa dikunjungi saat momen libur Lebaran 2024 ini mulai dari kebun binatang, museum atau tempat bersejarah, hingga wisata air.

Salah satu destinasi yang bisa dikunjungi adalah Solo Safari. Lokasinya berada di Jl. Ir. Sutami, Jebres, Solo. Selama momen Lebaran ini, pengunjung bisa dengan mudah menandai lokasi Solo Safari tepat berada di belakang posko pengamanan mudik dan balik Lebaran 2024.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Di Solo Safari yang merupakan kawasan edukasi satwa dengan luas 13,9 hektare ini ada banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan pengunjung bersama keluarga, mulai dari sekadar berjalan-jalan dan melihat-lihat hingga berinteraksi dengan berbagai jenis satwa.

General Manager Solo Safari, Shinta Adithya, menyampaikan bahwa selama momen Lebaran ini Solo Safari tetap buka dan melayani pengunjung. Ia juga menambahkan bahwa pihaknya telah menyiapkan berbagai agenda serta beberapa wahana baru yang bisa dicoba oleh pengunjung Solo Safari selama Lebaran nanti.

“Untuk program khusus, kami menggelar beberapa acara seperti Magic and Bubble Show, Grebek Syawal yang rencananya digelar bersama Keraton Kesusnana Surakarta tanggal 14 April, dan sebagainya,” jelas Shinta saat ditemui Solopos.com di Solo Safari, Senin (8/4/2024).

Untuk wahana baru, lanjut Shinta, ada Dino Ride, Activity Zone, Speed Land Go-Karting, Savannah Zipline, Camel Riding, serta Resto Bengawan.

“Kebanyakan wahana baru itu untuk anak-anak. Karena memang tujuannya edukasi satwa menyenangkan. Yang menunggangi onta itu untuk anak dengan maksimal berat badan 60 kg. Sementara yang Savannah Zipline itu semacam terbang di atas lokasi satwa seperi zebra, banteng, rusa, dan sebagainya,” jelas Shinta.

destinasi wisata kota solo
General Manager Solo Safari, Shinta Adithya, sedang berinteraksi dengan satwa di Solo Safari, Senin (8/4/2024).  (Solopos.com/Ahmad Kurnia Sidik)

Untuk tiket Solo Safari selama lebaran nanti ada dua jenis tiket, yaitu reguler dengan harga Rp85.000 serta premium dengan harga Rp125.000. Harga tiket itu berlaku sejak Jumat-Senin (5-15/4/2024).

Shinta juga menjelaskan bahwa di Solo Safari setidaknya ada sekitar 400-an spesies satwa baik endemik Indonesia maupun luar. Pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan beberapa satwa yang jinak.

“Untuk yang predator kami pastikan aman, sepeti singa, harimau, atau kucing serval misalnya, pengunjung hanya bisa melihat satwa dari balok kaca tebal,” jelas Shinta.

Sementara itu, Manager Marketing Solo Safari, Sankar Adityas, menambahkan bahwa guna menyambut pengunjung selama Lebaran, Solo Safari juga menyiapkan lokasi parkir di beberapa titik sekaligus. Tujuannya agar pengunjung merasa nyaman saat mengunjungi Solo Safari.

“Kami sudah kerja sama dengan beberapa pihak untuk masalah parkir. Seperti UNS, nanti pengunjung bisa parkir kendaraannya di Kampus UNS dan kami menyediakan shuttle bus. Begitu pun di samping Solo Safari kami sudah kerja sama dengan warga agar lokasi di sebelah barat Solo Safari bisa digunakan sebagai lahan parkir. Dan untuk sebelah timur juga ada,” jelas Sankar saat ditemui Solopos.com di Solo Safari, Senin (8/4/2024).

Selain Solo Safari, ada destinasi wisata lainnya di Kota Solo yaitu Solo Summerland Tirtamas Waterpark. Di situ, pengunjung bisa menghabiskan waktu liburan bersama keluarga dengan bermain air sepuasnya.

Supervisor Solo Summerland, Muhamad Aldi menjelaskan bahwa selama Lebaran nanti, Solo Summerland tetap buka, walau jam pelayanannya berbeda. Untuk 10 April 2024, Solo Summerland buka mulai pukul 13.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Sementara, mulai 11 April dan seterusnya buka pukul 07.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB.

“Waktu bukanya seperti itu, namun waktu tutup tiketnya pukul 17.00 WIB. Jadi pukul 18.00 WIB itu pengunjung diharapkan sudah naik dari kolam renang,” jelas Aldi, sapaan akrabnya, melalui telepon, Minggu (8/4/2024).

Untuk herga tiket masuk Solo Summerland, Aldi menjelaskan bahwa saat ini masih ada harga promo tiket. Untuk dewasa dengan harga Rp37,500 dan anak-anak dengan harga Rp18.000.

“Namun untuk weekdays harganya berbeda. Dewasa menjadi Rp30.000 sementara anak-anak Rp18.000,” jelas Aldi.

Harga tiket masuk itu sudah mencakup berbagai wahana yang ada di Solo Summerland. Pengunjung tidak perlu mengeluarkan uang lagi jika ingin menikmati wahana yang ada di Solo Summerland. Namun untuk sewa gazebo dan ban atau pelampung dikenakan biaya tambahan.

“Untuk gazebo per tiga jam Rp100.000 sementara untuk ban [atau pelampung] yang single Rp10.000 dan yang double Rp15.000. Ban ini bisa dipakai sepuasnya,” kata Aldi.

Aldi juga menyampaikan bahwa pengunjung tidak perlu risau perihal lokasi parkir karena pihaknya telah menyediakan lokasi parkir yang bisa menampung baik motor, mobil, bahkan bus.

Destinasi dengan nilai sejarah

Masih ada rekomendasi destinasi wisata lainnya di Kota Solo. Jika Anda ingin berwisata sekaligus edukasi, ada sejumlah museum yang bisa dikunjungi.

Di antaranya ada Museum Radya Pustaka yang berlokasi di Jl. Slamet Riyadi No. 275, Sriwedari, Laweyan, Solo. Mengutip laman surakarta.id yang diakses Senin (8/4/2024), Museum Radya Pustaka merupakan museum tertua di Indonesia. Dibangun pada 28 Oktober 1890 oleh Kanjeng Adipati Sosrodiningrat IV semasa pemerintahan Paku Buwono IX dan Paku Buwono X.

Museum itu menyimpan berbagai koleksi bernilai sejarah seperti buku, pusaka adat, wayang kulit, serta arca.

Selain itu, ada juga Museum Keris Nusantara yang berlokasi di Jl. Bhayangkara No.2, Sriwedari, Laweyan, Solo. Mengutip laman surakarta.id yang diakses Senin (8/4/2024), Museum Keris itu menyimpan sekitar 409 keris dengan berbagai ukuran dan jenisnya. Pengunjung yang ingin mengenal lebih dekat dengan keris dan sejarahnya bisa berkunjung ke Museum Keris Nusantara.



Kepala UPTD Musem, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Solo, Bonita Rintyowati, menyampaikan bahwa museum di Solo selama Lebaran hanya akan tutup pada 10-11 April 2024. Setelah itu, museum akan buka dan melayani pengunjung.

“Kami menyamakan semua museum yang dibawah pengawasan UPT Museum, yaitu hanya tutup pada 10-11 April saja, setelah itu bisa dikunjungi,” jelas Bonita melalui telepon, Senin (8/4/2024).

Untuk harga tiket selama Lebaran juga tidak berubah. Untuk pengunjung umum dengan harga Rp10.000, untuk pelajar Rp7,500, untuk pelajar dengan KIA Rp5.000, dan wisatawan asing Rp20.000. Sementara untuk jam buka mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB.

“Sekarang pengunjung bisa melihat tampilan merchandise corner. Mana tahu, pengunjung ingin beli souvenir, bisa di corner itu,” jelas Bonita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya