SOLOPOS.COM - Deretan pilar penyangga rel layang sudah berdiri di sisi selatan Simpang Joglo, Banjarsari, Solo, Selasa (13/12/2022). (Solopos/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, SOLO — Pengerjaan rel layang atau elevated rail di Simpang Joglo, Kecamatan Banjarsari, Solo, saat ini sudah memasuki tahap pengecoran fondasi pilar penyangga rel layang. Sejumlah alat berat terus bekerja tanpa henti untuk mengerjakan pondasi pilar tersebut.

Berdasarkan pengamatan Solopos.com, Selasa (13/11/2022), pengerjaan rel layang terus berlangsung, baik di bagian utara maupun selatan simpang tujuh tersebut. Alat berat terus bekerja melakukan pengecoran.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Di sisi selatan, deretan pilar atau tiang penyangga sudah berdiri dengan slab atau pelat di bagian atasnya untuk menaikkan level rel kereta api. Sedangkan di sisi utara persimpangan, selain alat-alat pengecoran, juga masih terlihat alat-alat bore pile yang bekerja mengebor fondasi pilar penyangga.

Menurut Site Manager Proyek Pembangunan Jalur KA Elevated Solo Balapan-Kadipiro, Solo, Dendy Purbowo, saat ini pengerjaan rel layang memasuki tahap pengerjaan fondasi untuk pilar-pilar penyangga.

“Saat ini sudah masuk ke pengecoran untuk footing di pilar-pilar penyangganya. Progresnya saat ini sudah masuk 44 persen pada pekan kedua Desember ini,” urai Dendy kepada Solopos.com, Selasa (13/11/2022).

Baca Juga: Pemasangan Pilar Jembatan Rel Layang Simpang Joglo Capai 38,52 Persen

Di sisi lain untuk pengerjaan underpass Simpang Joglo, Solo, yang menghubungkan Jl Ki Mangun Sarkoro dengan Jl Sumpah Pemuda, saat masih tahap pembebasan lahan.

“Untuk detailnya itu ada di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat [PUPR], kemungkinan baru [underpass] dikerjakan tahun depan,” jelas Dendy.

Dari keseluruhan rangkaian pekerjaan rel layang di Simpang Joglo yang menggunakan skema multiyears, saat ini memasuki tahap kedua dengan fokus pada pengerjaan struktur jembatan mulai dari pondasi hingga pembangunan pilar.

Baca Juga: Waduh, Proyek Rel Layang Joglo Solo juga Terganggu Ramainya Masjid Sheikh Zayed

Pengerjaan pilar yang dimulai pada Agustus 2022 lalu itu diharapkan rampung pada Februari 2023. Sedangkan tahap ketiga pengerjaan rel layang akan dimulai pada tahun depan bersamaan dengan pengerjaan underpass di Simpang Joglo.

Selanjutnya tahap ketiga pengerjaan rel layang akan memasuki pengerjaan Super Structure rangka baja dengan adanya perpanjangan bentang rangka baja di sisi selatan. Di tahap ini, Jl Kolonel Sugiono akan ditutup secara total.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya