SOLOPOS.COM - Warga Bakalan, Jumapolo mengambil air bersih yang di bak penampungan bantuan Relawan Barisan Bersama Ganjar Pranowo pada Minggu (5/11/2023). (Solopos.com/Indah Septiyaning W)

Solopos.com, KARANGANYAR–Relawan Bangkit Bersama Ganjar Pranowo (Babe GP) Karanganyar menyalurkan bantuan air bersih untuk warga terdampak kekeringan di wilayah Dusun Jatirogo, Desa Bakalan, Kecamatan Jumapolo, Karanganyar, Minggu (5/11/2023).

Bantuan air bersih disalurkan sebanyak 16.000 liter. Penyaluran bantuan itu langsung disambut antusias warga setempat yang mengalami krisis air bersih.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Kadus Jatirogo, Parso mengatakan ada 300-an jiwa warganya yang terdampak kekeringan. Para warga selama ini mengandalkan sumber air dari sendang yang berada di desa tetangga. Air tersebut disalurkan melalui pipa sambungan dari sumber mata air ke permukiman yang jaraknya mencapai dua kilometer.

“Selama musim kemarau ini air sendang menyusut. Sudah dirasakan warga sejak Juli kemarin,” kata dia kepada Solopos.com, Minggu (5/11/2023).

Debit air yang berkurang berdampak terhadap pasokan air bersih ke permukiman warga. Warga merasakan kesulitan air bersih. Untuk memenuhi kebutuhan air bersih, warga hanya mengandalkan bantuan dari berbagai pihak.

Seperti Baznas, BPBD, sukarelawan, Polri, TNI dan instansi lain. Dikatakannya, hingga kini sudah seratusan truk tangki air bersih di salurkan ke wilayahnya dalam enam bulan terakhir. “Droping air bersih bantuan dari berbagai pihak paling hanya mencukupi dua hingga tiga hari saja,” kata dia.

Meski saat ini mulai turun penghujan, namun kondisi sumber mata air sendang belum maksimal. Diperkirakan kondisi air sendang akan kembali normal dalam dua bulan terakhir. “Hujannya kan masih jarang. Tapi alhamdulillah masih ada bantuan air bersih,” kata dia.

Ketua Relawan Babe GP Karanganyar, Eko Budi Purnomo, mengatakan bantuan air bersih kali ini disalurkan sebanyak dua truk tangki berkapasitas masing-masing 8.000 liter air. Bantuan air bersih ini sebelumnya juga disalurkan di wilayah Gondangrejo tiga truk tangki dengan kapasitas sama.

“Nanti pekan depan akan kita salurkan lagi ke warga di Mojogedang,” kata dia.

Dia mengatakan bantuan air bersih disalurkan sesuai dengan adanya permintaan dari warga yang membutuhkan.

Kegiatan ini murni merupakan bentuk bakti sosial dari sukarelawan pendukung yang siap memenangkan Ganjar Pranowo sebagai Presiden di Pemilu 2024. Dalam kegiatan ini sekaligus menyosialisasikan program kerja pasangan capres Ganjar Pranowo dan cawapres Mahmud Md.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya