SOLOPOS.COM - Warga mengikuti cek kesehatan gratis yang digelar Relawan Srikandi Master atau Mas Dokter Fauzan Arif Munandar di Pasar Ngangkruk, Mojosongo, Boyolali, Minggu (5/5/2024). (Istimewa/Srikandi Master)

Solopos.com, BOYOLALI — Relawan pendukung calon bupati atau cabup pada Pilkada Boyolali 2024 mulai bergerak menjangkau masyarakat. Salah satunya Srikandi Master (Mas Dokter) Fauzan yang telah mengadakan cek kesehatan gratis untuk warga.

Kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis itu digelar di Pasar Ngangkruk, Mojosongo, Boyolali, Minggu (5/5/2024) mulai pukul 08.00 WIB-10.00 WIB.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Koordinator Relawan Srikandi Master, Eka Waliyati, menjelaskan kegiatan pemeriksaan kesehatan tersebut diinisiasi relawan pendukung cabup Boyolali Mas Dokter, drg Fauzan Arif Munandar, dari kalangan komunitas perempuan.

Eka menjelaskan saat ini fokus relawan Srikandi Master bergerak pada isu kesehatan, mengurangi stunting, perbaikan gizi, kesehatan reproduksi, dan kesehatan secara umum.

“Mas Fauzan ini kan dokter, jadi sangat menguasai permasalahan bidang kesehatan. Beliau juga representasi kaum muda dan salah satu kader muda Nahdlatul Ulama Boyolali yang aktif di organisasi pergerakan Pemuda Ansor dan Banser,” kata Eka dalam keterangan tertulis yang diterima Solopos.com, Selasa (7/5/2024).

Lebih lanjut, ia menilai Mas Dokter Fauzan adalah kader muda yang potensial untuk maju dalam kontestasi cabup di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Boyolali 2024. Sehingga, para perempuan berkumpul membentuk relawan Srikandi Master untuk mendukung Mas Dokter.

“Dari data KPU, jumlah pemilih di Boyolali totalnya 825.630 orang, sebanyak 416.976 di antaranya adalah pemilih perempuan. Lalu, 51 persen adalah generasi milenial dan Gen Z, sehingga Mas Dokter akan kami dorong terus mewakili kaum muda,” tegasnya.

Sementara itu, salah satu tim medis, Tyan Cahyanti, menjelaskan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan meliputi pemeriksaan gula darah, cek tensi, dan konsultasi kesehatan.

Ia yang juga anggota dari tim kesehatan Srikandi Master menjelaskan kegiatan tersebut bertujuan ingin mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. “Sehingga, kami buat tenda di Pasar Ngangkruk, agar masyarakat bisa mengakses lebih cepat dan dekat,” jelasnya.

Kegiatan pemeriksaan gratis untuk masyarakat ini juga bakal digelar di wilayah Boyolali bagian utara. Pada Minggu (12/5/2024) akan digelar di Wonosamodro dan pada pekan selanjutnya digelar di Andong.

Ia menjelaskan masyarakat yang berada di Pasar Ngangkruk menyambut gembira dan antusias dengan adanya cek kesehatan gratis tersebut. Dari data yang dicatat relawan Srikandi Master, terdapat 184 orang yang datang dan ikut pemeriksaan gratis.

Salah satu orang yang memeriksakan diri adalah warga Tambak, Mojosongo, Galih. Ia menilai program tersebut sangat bagus dan menarik minat masyarakat. “Kegiatan ini sangat bagus untuk masyarakat yang jarang cek kesehatan, bisa melakukan cek kesehatan gratis di sini,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya