SOLOPOS.COM - Relawan Pasukan Devid (RPD) mendeklarasikan dukungan kepada Devid Agus Yunanto sebagai calon bupati pada Pilkada Boyolali 2024 di Desa Pelem, Simo, Boyolali, Minggu (28/4/2024). (Istimewa/RPD)

Solopos.com, BOYOLALI – Ratusan Relawan Pasukan Devid (RPD) berkumpul untuk mendeklarasikan dukungan kepada eks ajudan Joko Widodo (Jokowi), Devid Agus Yunanto, menjadi Calon Bupati atau Cabup pada Pilkada Boyolali 2024.

Deklarasi digelar di Pendapa Relawan Simo di Desa Pelem, Kecamatan Simo, Boyolali, Minggu (28/4/2024). Sekretaris RPD, Ma’ruf Sareh Kurniawan, mengatakan deklarasi tersebut bertujuan memajukan dan memenangkan Devid di Pilkada Boyolali 2024.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Selain itu karena momennya masih Syawal, maka ini masih untuk halalbihalal,” kata dia saat ditemui wartawan seusai acara. Ma’ruf mengatakan mendukung Devid karena ingin ada perubahan pemimpin di Boyolali.

Ia mengatakan RPD dibentuk untuk menjadi wadah bagi kaum bawah yang merasakan Boyolali tidak ada perubahan. Selain itu, RPD mendukung Devid, bukan yang lain, karena menilai sosok tersebut dekat dengan ring satu Presiden Joko Widodo.

Selain itu, Ma’ruf menilai Devid juga nantinya bisa memiliki logistik untuk bertempur. “Kami mendirikan RPD ini agar mengubah Boyolali yang lebih baik lagi ke depan,” jelas dia.

Ia menjelaskan struktural RPD terdiri dari delapan orang. Sedangkan jumlah anggota sudah mencapai ratusan orang yang tersebar di 22 kecamatan. Ma’ruf mengatakan para anggota RPD akan berusaha memenangkan Devid menjadi Bupati Boyolali dengan bergerak di akar rumput.

“Nanti kami dari pengurus ke korlap per dapil, akan kami susun kekuatan dari kecamatan, desa, bahkan hingga koordinator RT,” kata dia.

Lebih lanjut, Ma’ruf menyadari RPD bukanlah partai sehingga tidak bisa mengusung calon bupati-wakil bupati di Pilkada Boyolali 2024. Maka dari itu, RPD bakal menggandeng partai koalisi nonpetahana.

“Mungkin partai koalisi mengajukan untuk wakil bupati atau apanya, nanti akan kami rangkul semuanya,” kata dia. Ia berharap nantinya bisa terjadi perubahan pemimpin di Boyolali dan Devid bisa menang menjadi bupati.

Gebrakan Politik

Ma’ruf juga menyadari Devid belum mengukuhkan diri maju sebagai Calon Bupati di Pilkada Boyolali 2024, sehingga gerakan RPD tersebut bertujuan untuk membuat gebrakan politik.

“Kami dorong Mas Devid dari bawah, kami berusaha meyakinkan Mas Devid, oh ini benar-benar yang meminta dari kaum bawah,” kata dia.

Sebagai informasi, nama Devid Agus Yunanto kali pertama didengungkan bakal maju sebagai Calon Bupati pada Pilkada Boyolali 2024 oleh Relawan Bolone Mase.

Devid diketahui pernah menjadi ajudan Joko Widodo (Jokowi) saat masih menjabat sebagai Wali Kota Solo. Koordinator Relawan Bolone Mase Boyolali, Andi Waluyo, mengungkapkan dukungan diberikan kepada Devid sebagai tokoh muda.

“Mas Devid itu orang Donohudan, Ngemplak, masih muda,” kata dia kepada Solopos.com, Rabu (6/3/2024). Ia menjelaskan alasan mendukung Devid karena mencari figur terbaik dan muda.

Terkait calon wakil bupati, Andi mengatakan belum dibahas karena masih fokus ke calon bupati. “Mas Devid itu pengusaha, itu juga staf khususnya Pak Jokowi [Presiden RI] sejak beliau Wali Kota Solo sampai sekarang,” kata dia.

Hal tersebut membuat Bolone Mase percaya sosok orang yang dekat dengan wong pusat atau petinggi di Indonesia itu dibutuhkan untuk memimpin Boyolali. Bolone Mase akan turun lapangan demi memenangkan Devid Agus Yunanto menjadi orang nomor satu di Boyolali.

“Seperti cara kami memenangkan Prabowo-Gibran, mesin-mesin kami akan dihidupkan lagi. Ini kan masukan dari masyarakat, yang ingin perubahan kan dari masyarakat,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya