SOLOPOS.COM - Anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) mengikuti latihan evakuasi di kawasan lapangan Kentheng, Semanggi, Pasarkliwon, Minggu (13/1/2013). (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/SOLOPOS)


Anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) mengikuti latihan evakuasi di kawasan lapangan Kentheng, Semanggi, Pasarkliwon, Minggu (13/1/2013). (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/SOLOPOS)

SOLO–Puluhan relawan yang tergabung dalam Tanggap Bencana Alam (Tagana) Kota Solo mulai siaga bencana menyusul tingginya intensitas hujan dalam beberapa pekan terakhir.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Kesiagaan bencana dilakukan dengan menggelar pelatihan dan simulasi tanggap bencana, Minggu (13/1/2013).

Berdasarkan pantauan Solopos.com, puluhan relawan mengikuti simulasi bencana di lapangan Kenteng Semanggi sekitar pukul 13.00 WIB. Mereka terbagi dalam tiga tim. Tim satu pos pengungsian, tim penyelamatan dan tim dapur umum.

Tim penyelamatan terlihat sigap menyelamatkan korban banjir di pinggir sungai. Korban lantas dievakuasi ke mobil ambulance untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Tim kesehatan yang sudah berada di lokasi langsung memberi pertolongan pertama bagi korban banjir.

Sementara sejumlah relawan sibuk menyiapkan makanan untuk korban bencana. Mereka bahu membahu menyiapkan segala kebutuhan korban. Simulasi ini menyedot perhatian warga setempat. Mereka memadati lapangan Kenteng.

Panitia pelatihan dan simulasi tanggap bencana Syarir Rozie kepada Solopos.com di sela-sela pelatihan mengatakan kegiatan ini diikuti 50 relawan dari unsur Forum Kemitraan Polisi Masyarakat (FKPM), Tagana, KarangTaruna Indonesia (KTI), puskesmas. Tujuan kegiatan ini untuk persiapan relawan siaga bencana.

“Kami siaga 24 jam. Apalagi mulai musim penghujan dan ini kesiagaan terhadap ancaman bencana,” katanya.

Warga Semanggi, Heru W mengatakan mendukung kegiatan simulasi tanggap bencana. Hal ini sebagai upaya mengantisipasi datangnya bencana alam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya