SOLOPOS.COM - Wakil Ketua DPRD Sukoharjo dari Partai Gerindra, Eko Saptono Purnomo. (Istimewa/Facebook)

Solopos.com, SUKOHARJO – Kelompok sukarelawan Gibran Rakabuming Raka, Wonge Mase mendorong agar politikus muda Partai Gerindra, Eko Sapto Purnomo, bisa ikut dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sukoharjo. Sapto dinilai sebagai figur anak muda potensial yang memiliki segudang pengalaman dan kapasitas sebagai calon pemimpin.

Pada Rabu (3/4/2024) malam, relawan Wonge Mase Sukoharjo melakukan buka puasa bersama dan konsolidasi internal. Dalam kesempatan itu mereka melakukan evaluasi pelaksanaan Pemilu 2024 lalu sekaligus mempersiapkan diri menjelang Pilkada Sukoharjo pada 27 November 2024.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Saat itu, nama Eko Sapto Purnomo muncul sebagai sosok yang layak maju sebagai calon bupati. “Kami berharap kepemimpinan di Sukoharjo diisi figur potensial dari kalangan anak muda. Demokrasi yang dibangun tidak monoton dan ada perubahan. Kami mendorong agar Mas Sapto maju sebagai calon kepala daerah dalam pilkada,” kata Ketua Relawan Wonge Mase Sukoharjo, Sahid Mubarok, Rabu.

Menurut Sahid, Sapto dinilai memiliki kemampuan mumpuni dan visioner. Ini diperlukan agar bonus demografi yang didominasi anak muda bisa dikelola dengan baik. Dari segi pengalaman, kiprah Sapto dianggapnya tak perlu diragukan lagi. Meski masih berusia di bawah 40 tahun, Sapto membuktikan mampu menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Sukoharjo.

Pada Pemilu 2024, Sapto yang maju di daerah pemilihan (Dapil) V meliputi Kecamatan Mojolaban dan Kecamatan Polokarto mampu meraup suara terbanyak, yakni 13.684 suara. “Kami juga menyerap banyak aspirasi dari anak-anak muda di Sukoharjo. Mereka menginginkan perubahan kepemimpinan agar lebih dinamis. Tidak hanya didominasi satu partai politik,” ujar Sahid.

Relawan Wonge Mase sukoharjo
Relawan Wonge Mase berbuka puasa bersama sekaligus konsolidasi di Baki, Rabu (3/4/2024) malam. (Istimewa/relawan Wonge Mase)

Ia berharap parpol yang memiliki kursi di parlemen turut memunculkan figur potensial dari kalangan anak muda sebagai calon pemimpin masa depan. Ke depan, keterlibatan anak muda harus diperhitungkan dalam berbagai program kegiatan pembangunan.

“Para relawan diminta terus bergerak menyosialisasikan kinerja dan keberhasilan figur-figur potensial dari kalangan anak muda kepada seluruh elemen masyarakat di Sukoharjo. Kami akan segera bertemu dengan Mas Sapto untuk menyampaikan aspirasi dari para relawan di tataran akar rumput,” sambung Sahid.

Selain Eko Sapto Purnomo, sosok anak muda lain yang diharapkan mampu menjadi calon pemimpin yakni calon anggota legislatif (caleg) rising star dari Partai Golkar, Machmud Lutfi Huzain.

dimintai konfirmasi terpisah, Eko Sapto Purnomo, enggan berkomentar banyak soal dukungan untuknya. Namun, ia sangat mengapresiasi dorongan dari para relawan Wong Mase Sukoharjo untuk memunculkan anak muda potensial sebagai calon kepala daerah.

Sapto menyamapikan proses penentuan cabup-cawabup harus melalui mekanisme partai. Di Partai Gerindra, keputusan siapa yang akan dicalonkan itu ada di tangan Dewan Pimpinan Pusat (DPP). “Pilkada masih lama. Yang jelas, saya mengucapkan terima kasih kepada teman-teman [relawan Wong Mase] agar muncul figur potensial dari anak muda,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya