SOLOPOS.COM - Ilustrasi penjara (prisonliaisonproject.co.uk)

Remisi kemerdekaan diberikan kepada 56 napi Rutan Solo.

Solopos.com, SOLO – Sebanyak 56 narapidana (napi) di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Solo dinyatakan bebas setelah mendapatkan remisi kemerdekaan dan remisi dasawarsa.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Pemberian remisi bebas itu diberikan secara simbolis oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Solo, Budi Suharto, saat upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70 RI, di Stadion Sriwedari Solo, Senin (17/8/2015) pagi.

Kepala Rutan Kelas I Solo, Andika Dwi Prasetya, mengatakan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) menyetujui remisi untuk 56 napi.

“Ya harapan kami bagi napi yang mendapatkan remisi langsung bebas agar tidak mengulangi perbuatannya lagi. Dan semoga bisa kembali berbaur dengan masyarakat lainnya,” kata dia saat ditemui seusai upacara.

Andika mengatakan untuk tahun ini jumlah total napi yang menerima remisi adalah 510 orang. Mereka terdiri atas 212 orang yang menerima remisi kemerdekaan dan 298 orang yang menerima remisi dasawarsa.

“Kalau yang langsung bebas ada 56 orang. 21 Orang dapat remisi kemerdekaan dan 35 orang dapat remisi dasawarsa,” kata dia.

Sementara itu, sejumlah keluarga napi yang bebas pada hari itu berbondong-bondong datang ke rutan. Anak seorang napi yang bebas saat itu datang ditemani tantenya ke rutan.

Dia bermaksud menjemput ayahnya yang sudah berada di balik jeruji besi sejak delapan bulan yang lalu karena kasus pengeroyokan.

“Senang sebentar lagi bisa berkumpul lagi dengan keluarga. Ibu di rumah lagi sakit, butuh bapak untuk menemani,” kata dia yang tidak bersedia menyebutkan namanya itu.

Warga Grogol, Sukoharjo, itu mengatakan setelah bebas nanti kedua orang tuanya akan kembali melanjutkan usaha warung makannya yang sempat terhenti. “Nanti ayah biar jualan lagi sama ibu,” ucap dia yang baru duduk di bangku kelas I SMP ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya