SOLOPOS.COM - Aktivitas di Pasar Hewan Semanggi, Pasar Kliwon, Solo. (Solopos/Dok)

Solopos.com, SOLO–Komisi II DPRD Solo belum menerima pengajuan anggaran untuk relokasi Pasar Ikan Balekambang maupun Pasar Ayam Semanggi di Perubahan APBD 2023 maupun KUA PPAS 2024. Artinya rencana relokasi dua pasar itu masih gelap.

Ketua Komisi II DPRD Solo, Honda Hendarto, saat diwawancara Solopos.com, Rabu (6/9/2023), mengakui rencana relokasi Pasar Ayam Semanggi dan Pasar Ikan Balekambang sudah mencuat beberapa waktu ini. Tapi belum ada langkah pasti.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Ora enek ki, tidak ada pembahasan sama sekali, baik di Perubahan APBD 2023 dan KUA PPAS 2024. Kalau rencana, Pasar Ikan dan Pasar Ayam Semanggi mau dijadikan satu. Tapi lokasi di mana belum pasti ini mungkin masih dikaji Pemkot,” ujar dia.

Disinggung alasan rencana pemindahan Pasar Ayam Semanggi, menurut Honda, karena lahannya akan digunakan untuk pembangunan rumah sakit (RS) khusus. Kabar yang diterima dia, RS tersebut akan dibangun menggunakan dana hibah dari UEA.

“Katanya untuk rumah sakit yang bantuan dari UEA. Aku cuma dengar-dengar. Tidak disampaikan dalam rapat resmi Disdag atau Banggar. Tapi kabarnya ada bantuan UEA untuk pembangunan rumah sakit khusus jantung atau paru begitu,” urai dia.

Dengan adanya rencana pembangunan rumah sakit khusus itu, Honda mengakui, Pasar Ayam Semanggi harus dipindah. Dari informasi yang diperoleh Honda, opsi lahan baru Pasar Ayam Semanggi dan Pasar Ikan Balekambang, di timur.

“Paling enggak di timur-utara, bisa Jebres, bisa Mojosongo. Paling utara kan Mojoosngo. Ya daerah Ring Road kono. Karena untuk menghindari polusi juga kan. Polusi bau dalam hal ini. Tapi memang belum pasti, saya belum dengar juga,” papar dia.

Honda hanya mengingatkan agar program relokasi itu mengutamakan keamanan dan kenyamanan semua pihak yang terlibat. “Yang penting semua aman, nyaman. Dari sisi polusi bau bisa terjaga. Mungkin ini sedang taraf penjajakan,” kata dia.

Terpisah, Sekda Solo, Ahyani, saat diwawancara Solopos.com belum lama ini mengatakan Pasar Ikan Balekambang akan dijadikan satu Pasar Ayam Semanggi.

Tapi dua pasar itu akan direlokasi terlebih dulu. Namun lokasi baru tak disebutkan detail. Ahyani hanya menyatakan opsi lahan baru dua pasar itu di kawasan Solo timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya