SOLOPOS.COM - Prosesi pelantikan anggota Panwascam Sukoharjo di Hotel Tosan, Solo Baru, Jumat (24/5/2024). (Solopos.com/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SUKOHARJO–Anggota panitia pengawas kecamatan (Panwascam) untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) Sukoharjo 2024 resmi dilantik. Mereka diminta menjaga netralitas serta melakukan pencegahan dan penanganan pelanggaran pemilu.

Prosesi pelantikan anggota Panwascam digelar di Hotel Tosan, Solo Baru, Sukoharjo, Jumat (24/5/2024). Prosesi pelantikan diawali dengan pengambilan sumpah jabatan oleh Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sukoharjo, Rochmad Basuki.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Acara pelantikan anggota Panwascam dihadiri oleh unsur forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Sukoharjo. Total jumlah anggota panwascam yang dilantik sebanyak 36 orang.

Ketua Bawaslu Sukoharjo Rochmad Basuki mengatakan anggota Panwascam menjadi garda terdepan pengawasan pilkada di wilayahnya masing-masing. Para anggota Panwascam diminta memegang teguh untuk menjaga netralitas saat bergulirnya tahapan Pilkada Sukoharjo 2024. “Tugas utama dalam pengawasan, yakni pencegahan dan penanganan pelanggaran pemilu. Mereka dituntut bisa menangani pelanggaran pemilu secara mandiri,” kata dia.

Anggota Panwascam juga dituntut cepat beradaptasi dengan ruang lingkup tugas sehari-hari lantaran tahapan pilkada telah bergulir. Sebagai penyelenggara pemilu, anggota Panwascam harus bisa menganalisa temuan atau laporan dari masyarakat ihwal pelanggaran pemilu.

Menurut Rochmad, sebagian besar anggota Panwascam untuk Pilkada Sukoharjo merupakan anggota Panwascam yang bertugas di Pemilu 2024 pada Februari atau jalur existing. Proses rekrutmen calon anggota panwascam jalur existing diprioritaskan untuk Pilkada Sukoharjo.

“Hanya ada empat anggota Panwascam yang direkrut melalui jalur pendaftar baru. Sisanya merupakan anggota Panwascam yang bertugas pada Pemilu 2024,” papar dia.

Ditanya soal masa kerja anggota Panwascam, Rochmad menyampaikan masa kerja anggota Panwascam selama delapan bulan mulai Mei-Januari 2025. Mereka bakal mendapatkan pembekalan mengenai pencegahan dan penanganan pelanggaran pemilu.

Dalam acara pelantikan tersebut, Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Sukoharjo Agustinus Setiyono meminta panwascam berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan soal kantor sekretariat paswascam. Biasanya, kantor sekretariat panwascam dan panitia pemilihan kecamatan (PPK) di area kantor pemerintah kecamatan.

Mantan Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Sukoharjo ini berharap para anggota Panwascam mampu bekerja profesional dalam mengawasi tahapan pilkada. “Harapannya, Pilkada Sukoharjo sebagai pesta demokrasi untuk memilih calon kepala daerah bisa berjalan aman dan kondusif,” urai dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya