SOLOPOS.COM - Lima komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonogiri periode 2023–2028 resmi dilantik di Jakarta pada Senin (30/10/2023). (Istimewa).

Solopos.com, WONOGIRI — Lima komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonogiri periode 2023–2028 resmi dilantik di Jakarta pada Senin (30/10/2023). KPU Wonogiri tidak lagi dalam keadaan demisioner.

Lima komisioner itu bakal langsung berhadapan tugas berat tahapan Pemilu 2024. Kasubbag Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Partisipasi, dan Humas KPU Wonogiri, Nursahid Agung Wijaya, mengatakan lima orang yang terpilih menjadi komisioner KPU Wonogiri periode 2023–2028 sudah resmi dilantik pada Minggu sore.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Begitu selesai pelantikan mereka langsung rapat pleno menentukan ketua dan divisi. “Ini sudah ditentukan ketua dan kepala divisinya,” kata Sahid saat dihubungi Solopos.com, Senin malam.

Adapun struktur komisioner KPU Wonogiri meliputi, Satya Graha sebagai Ketua, Toto Sihsetyo Adi sebagai Kepala Divisi Teknis Penyelenggaraan, Irawan Ari Wibowo sebagai Kepala Divisi Sumber Daya Manusia, Doni Hafidhian sebagai Kepala Divisi Hukum, dan Dwi Prasetyo sebagai Kepala Divisi Data dan Informasi. 

Sahid membeberkan dua dari lima komisioner yang baru dilantik itu merupakan petahana yaitu Toto Sihsetyo Adi yang semula menjabat sebagai Ketua dan Dwi Prasetyo yang tetap menjadi Kepala Divisi Data dan Informasi.

Doni Hafidhian semula merupakan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Wonogiri, Irawan Ary Wibowo semula menjabat sebagai Panitia pengawas Kecamatan (Panwascam) Wonogiri dan Satya Graha merupakan Tenaga Ahli Pendamping Desa Wonogiri. Dia juga memastikan meski tiga komisioner KPU Wonogiri itu merupakan orang baru, mereka memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam Pemilu.

KPU tidak mungkin akan meloloskan mereka jika memang dinilai tidak kompeten. “Selain itu, kesekretariatan KPU Wonogiri sudah cukup kuat dan solid. Jadi untuk urusan administrasi dan teknis saya kira tidak akan ada kendala,” imbuh Sahid

Dia menambahkan, tugas komisioner KPU Wonogiri baru ini akan langsung berhadapan dengan tugas yang bakal menyita banyak waktu dan pikiran. Terdekat mereka bakal menetapkan daftar calon tetap Pemilu 2024 Wonogiri pada awal November 2024. 

Saat dihubungi Solopos.com, Satya Graha, membenarkan bahwa dia terpilih sebagai Kepala KPU Wonogiri periode 2023–2028 melalui rapat pleno selepas pelantikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya