SOLOPOS.COM - Sejumlah truk mengangkut tanah yang dikeruk dari Alun-alun Utara Solo saat dimulainya revitalisasi Keraton Solo, Sabtu (20/1/2024). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO–Pemkot Solo bakal menata pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di Alun-alun Utara maupun Alun-alun Selatan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang kini masih dalam tahap proyek revitalisasi.

Progres pengerjaan revitalisasi sesuai lini masa yang digarap selama tujuh bulan. Hal ini diungkapkan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka seusai acara Tingalan Jumenengan Dalem K.G.P.A.A. Mangkunagoro X ke dua di Pura Mangkunegaran, Senin (19/2/2024).

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Masih sesuai timeline yang ada. Pekan lalu, saya muter-muter dengan Kepala Satpol PP Kota Solo, nanti yang masih ngeyel-ngeyel ditertibkan,” kata dia, Senin (19/2/2024).

Gibran menyampaikan desain pekerjaan dua alun-alun itu masih dalam tahap pembahasan. Terutama penggunaan rumput atau pasir pantai sebagai alas tanah di Alun-alun. Tim teknis masih melakukan kajian mendalam mengenai persoalan tersebut.

Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu menyampaikan penggunaan rumput atau pasir pantai sama-sama bagus. “Nanti didiskusikan lagi, sama-sama bagusnya. Mau rumput atau pasir pantai. Yang penting bisa dimanfaatkan masyarakat. Itu yang pokok,” ujar dia.

Ditanya mengenai acara Tingalan Jumenengan Dalem KGPAA Mangkunagoro X, Gibran menjelaskan Pemkot Solo dengan Pura Mangkunegaran selalu intens bekerja sama dalam berbagai hal yang berdampak langsung terhadap masyarakat.

Tak hanya pembangunan fisik melainkan pengembangan sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan peningkatan perekonomian daerah.

Sebelumnya, seorang kerabat keluarga Keraton Solo, K.P. Edhy Wirabhumi mengatakan tim teknis dari Keraton Solo terus berdialog dan berkomunikasi soal desain revitalisasi alun-alun.

Khususnya pembahasan mengenai tanah alun-alun dilapisi rumput atau pasir pantai. Pembahasan ini bakal terus dilakukan agar ada titik terang kesepakatan dalam mengerjakan penataan revitalisasi alun-alun.

“Tidak pernah ada keterangan yang konkret mengenai rumput atau pasir di alun-alun pada zaman dahulu. Tim teknis Keraton Solo masih mencari bukti-bukti valid dan akurat berupa foto mengenai hal itu,” ujar dia.

Sesuai lini masa, proyek revitalisasi dua alun-alun milik Keraton Solo dikerjakan selama tujuh bulan. Artinya, pekerjaan revitalisasi alun-alun ditarget rampung pada Agustus-September. Progres revitalisasi penataan alun-alun terus berjalan dengan menyesuaikan kegiatan masyarakat dan Keraton Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya