SOLOPOS.COM - Wajah baru Pantai Klotok di Desa/Kecamatan Paranggupito, Wonogiri, yang hampir selesai direvitalisasi. Foto diambil Senin (20/11/2023). (Istimewa/Panggah Triasmara)

Solopos.com, WONOGIRI — Revitalisasi Pantai Sembukan dan Pantai Klotok di Desa/Kecamatan Paranggupito wilayah selatan Wonogiri sudah hampir kelar 100%. Perombakan itu mengubah wajah dua pantai itu menjadi semakin indah.

Dengan pemandangan yang semakin ciamik dan akses yang semakin mudah, pantai itu diharapkan bakal makin memikat wisatawan untuk berkunjung. Kepala Seksi Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Wonogiri, Panggah Triasmara, membenarkan revitalisasi Pantai Klotok hampir selesai 100%.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Sedangkan revitalisasi Pantai Sembukan masih sekitar 80%. Dipastikan revitalisasi kedua pantai itu bisa selesai sebelum 2024. Melalui revitalisasi itu, wajah kedua pantai yang berdampingan tersebut dipercantik sehingga diharapkan menambah daya tarik wisata.

Kendati demikian, proyek revitalisasi pantai di selatan Wonogiri itu tidak akan mengubah banyak topografinya. Hal itu mengingat kawasan Pantai Sembukan merupakan salah satu geosite UNESCO Global Geopark Gunung Sewu yang harus dijaga kelestariannya.

Adapun revitalisasi di Pantai Klotok dilakukan dengan menambah sejumlah gazebo yang berjejer di sepanjang jalan menuju pantai. Gazebo-gazebo menghadap ke pantai. 

Selain itu pembangunan jalan batako akan membuat kawasan pantai tampak bersih berseri. Di sepanjang jalan itu pula dipasang pembatas pagar dari kayu yang dicat warna cokelat yang memberikan kesan alami. Fasilitas umum seperti tempat parkir, toilet, dan musala juga telah tersedia.

“Pantai Klotok kemarin kami cek sudah hampir selesai. Tinggal sedikit lagi pembangunannya. Sementara Pantai Sembukan masih perlu beberapa pembangunan. Konsep revitalisasi kedua pantai itu hampir sama,” kata Panggah saat dihubungi Solopos,com, Kamis (23/11/2023).

23 Gazebo

Panggah melanjutkan objek wisata Pantai Sembukan dan Klotok di wilayah selatan dikelola Pemkab Wonogiri bekerja sama dengan Pemerintah Desa Paranggupito. Selama ini, Pantai Klotok belum terkelola dengan baik.

Dia meyakini permak wajah kedua pantai itu akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi warga sekitar. Apalagi tujuan dari adanya Geopark Gunung Sewu yaitu memberikan dampak ekonomi kepada warga sekitar kawasan.

“Tentu nanti akan berdampak. Pengelolaannya nanti bekerja sama dengan warga setempat. Di sana juga ada Desa Wisata Paranggupito. Harapannya pengunjung desa wisata menjadi meningkat juga setelah ini,” ujar dia.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Wonogiri, Heru Utomo, menilai revitalisasi kedua pantai itu bakal meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Wonogiri.

Dia cukup yakin banyak warga yang akan berkunjung ke pantai di Wonogiri selatan itu setelah revitalisasi. Upaya mempercantik wajah kedua pantai itu juga bagian dari membangun city branding Wonogiri yang menonjolkan sektor wisata.

“Kemarin kami sudah cek ke sana. Tempatnya bagus. Pantai Klotok sudah hampir jadi, saya hitung ada 23 gazebo di sana. Semakin terlihat indah,” kata Heru.

Diketahui revitalisasi Pantai Sembukan dan Pantai Klotok itu menelan anggaran senilai Rp10 miliar yang berasal dari dua sumber. Anggaran revitalisasi Pantai Sembukan berasal dari Bantuan Keuangan Provinsi Jawa Tengah senilai Rp5 miliar. Sedangkan Pantai Klotok didanai bersumber dari Dana Alokasi Khusus senilai Rp5 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya