SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)–Revitalisasi Pura Mangkunegaran diharapkan dapat segera terlaksana awal Nopember 2010 ini. Hal itu menyusul telah diadakannya lelang proyek oleh Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Jogja untuk melaksanakan proyek yang diperkirakan akan menelan dana hingga senilai Rp 9,5 miliar itu.

Kepala Dinas Tata Ruang Kota (DTRK) Yob S Nugroho saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Rabu (27/10), mengemukakan Pemkot Solo hingga saat ini masih menunggu pemenang lelang proyek revitalisasi Pura Mangkunegaran tersebut.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Informasi yang kami peroleh sudah ada evaluasi penawaran revitalisasi Pura Mangkunegaran yang dilakukan BP3 Jateng di Jogja. Dan saat ini kami masih menunggu hasilnya, khususnya siapa nantinya yang akan menjadi pemenang lelang untuk melaksanakan proyek itu,” kata Yob.

Yob mengatakan menurut yang dijadwalkan, pengerjaan revitalisasi Pura Mangkunegaran akan dimulai awal November ini.

“Menurut aturannya, pengerjaan akan dihitung selama 45 hari, sehingga diharapkan pertengahan Desember revitalisasi bisa rampung. Kami optimistis bisa tercapai,” imbuh dia.

Yob menjelaskan rehabilitasi yang akan dilakukan tahun ini baru sebatas perbaikan terhadap sebagian pendapa Pura Mangkunegaran. Dana senilai Rp 9,5 miliar mencakup anggaran untuk perencanaan, pengawasan dan konsultasi dengan BP3 Jateng.

“Untuk kali ini perbaikan baru bisa untuk sebagian pendapa saja. Memang ke depan kami berharap Mangkunegaran dapat diperbaiki secara keseluruhan. Untuk itu, ke depan kami akan mengajukan program revitalisasi keseluruhan ke pusat. Sebab kami berharap pada 2013 nanti Pura Mangkunegaran sudah terevitalisasi seluruhnya,” imbuh dia.

Selain dana dari pusat, pihaknya juga mengajukan melalui APBD 2011 untuk penggarapan bagian luar Pura Mangkunegaran.

“Kami juga akan mengajukan anggaran sekitar Rp 800 juta dalam APBD Solo yang nantinya digunakan untuk pembangunan landsacape bagian luar Mangkunegaran yakni sepanjang Jalan Gatot Subroto hingga Jalan Diponegoro. Sebab ke depan, akan diarahkan seperti ruang terbuka,” pungkasnya.

sry

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya