SOLOPOS.COM - Ribuan ASN mengikuti upacara HUT Sragen dengan mengabakan kostum adat di Stadion Taruna Sragen, Sabtu (27/5/2023). (Solopos.com/Tri Rahayu).

Solopos.com, SRAGEN – Perayaan Hari Jadi ke-277 Kabupaten Sragen mampu menggeliatkan roda ekonomi masyarakat Sragen. Saat hari H, Pemkab Sragen dan 20 pemerintah kecamatan menggelar upacara Hari Jadi dengan tema mengangkat budaya Nusantara.

Seluruh peserta upacara mengenakan kostum tradisional dari berbagai suku bangsa di Indonesia. Upacara terbesar digelar di Stadion Taruna Karangmalang, Sragen. Upacara tersebut diikuti 2.010 peserta dan tamu undangan sebanyak 206 orang.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Baik peserta dan tamu undangan mengenakan kostum pakaian adat, mulai dari pakaian adat Papua sampai daerah Sumatra, Kalimantan, Jawa, dan daerah lainnya. Seperti Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati dan suami mengenakan pakaian adat Bugis.

Wakil Bupati Suroto mengenakan pakaian adat Bali. Pimpinan daerah lainnya juga memakai pakaian adat. Salah satu peserta upacara dan kirab, Miyos Niti Swara, menyewa pakaian adat Papua. “Iya, saya sewanya di lokasi yang juga tempat sewa Ibu Bupati. Saya sewanya murah Rp60.000. Laris banget sewaan bajunya,” katanya.

Putri Bupati Sragen Putri Humaira Akbar ikut kirab dengan menganakan pakaian adat melewati Jalan Veteran Sragen, Sabtu (27/5/2023). (Solopos.com/Tri Rahayu).

Setelah upacara di Stadion Taruna, para tamu undangan dan peserta upacara mengikuti kirab ke Alun-alun Sasana Langen Putra Sragen sejauh 500 meter. Kirab budaya itu dilakukan dengan urutan pertama pasukan pembawa pataka Nayaka Kriida Ambangun Praja, rombongan reog, dan rombongan bupati.

Ketua Panitia Hari Jadi ke-277 Kabupaten Sragen, Joko Suratno, menerangkan upacara perayaan Hari Jadi Sragen diikuti sebanyak 2.010 orang plus tamu undangan sebanyak 206 orang. “Semua sewa kostum ini menggeliatkan ekonomi Sragen,” ujarnya.

Sesampainya di Alun-alun, Bupati mendatangi acara Festival ANTV Rame. Para warga sudah memadati alun-alun. Ada aneka perlombaan dan penampilan grup band.

“Sragen tambah maju. Jalannya bagus. Alhamdulillah. Hari ini istimewa. Selain Hari Jadi ke-277, Sragen kedatangan tamu dari Festival ANTV Rame. Tahun depan ada pesta demokrasi, tetap rukun dan guyup ya. Selamat menikmati hiburannya,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya