SOLOPOS.COM - Para tukang becak antre di depan Masjid Baznas Pilangsari, Ngrampal, Sragen, untuk mendapatkan santunan dari Baznas Sragen, Kamis (13/4/2023). (Istimewa/Diskominfo Sragen)

Solopos.com, SRAGEN — Sebanyak 2.200 orang warga miskin di Kabupaten Sragen mendapat santunan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sragen menjelang Lebaran 2023. Nilai santunan mencapai Rp370.465.389 dan diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati Sragen Suroto di Masjid Baznas Pilangsari, Kecamatan Ngrampal, Sragen, Kamis (13/4/2023).

Kepala Pelaksana Baznas Sragen, Dewi Purwantiningsih, mengungkapkan santunan warga miskin diberikan kepada 2.000 orang masing-masing mendapat Rp150.000. Selain itu, ada bantuan paket sembako yang diberikan kepada 200 duafa. Ada juga satu paket santunan untuk Unit Pengumpul Zakat Infak dan Sedekah (UPZIS) senilai Rp50 jutaan.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Santunan itu diberikan untuk asnaf fakir dan miskin di lingkungan organisasi perangkat daerah (OPD) sebagai unit pengumpul zakat (UPZ) dan lingkungan sekitar Pilangsari. Sasarannya tukang becak, pedagang asongan, tukang ojek, pedagang kecil (oprokan), warga lansia tidak mampu, dan lainnya,” kata Dewi.

Ketua Baznas Sragen, Mustaqim, mengatakan pengumpulan zakat, infk dan sedekah (ZIS) di Baznas setiap tahun meningkat.  Pada 2020 ZIS yang terkumpul senilai Rp3,5 miliar, naik menjadi Rp9,3 miliar pada 2021 dan naik lagi menjadi Rp11,4 miliar pada 2022.

Dia menerangkan nilai ZIS tersebut masih terjadi deviasi bila dibandingkan dengan potensi ZIS di Sragen yang bisa mencapai Rp22,5 miliar per tahun berdasarkan data dari Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Sragen.

“Atas dasar itulah, kami memohon dukungan agar perangkat desa dapat menunaikan ZIS melalui Baznas mulai Mei 2023 sebagaimana instruksi Bupati Sragen melalui Surat Edaran (SE) No. 451/94/01.2/2023,” ujarnya.

Wakil Bupati (Wabup) Sragen Suroto mengapresiasi Baznas Sragen yang mengukir prestasi dengan meraih tiga Baznas Award sekaligus pada 2023. Tiga penghargaan itu untuk kategori Program Ekonomi Terbaik, Kategori Kelembagaan Terbaik, dan untuk Bupati meraih penghargaan Baznas Award kategori Bupati Pendukung Utamna Pengelola Zakat.

Suroto memastikan dirinya, Bupati, dan jajaran di bawahnya sudah membayar zakat ruitn tiap bulan ke Baznas melalui system pay roll.

“Sesuai dengan arahan Bupati seluruh kepada desa harus berzakat dan berinfak melalui Baznas seluruhnya mulai Mei 2023. Dana ZIS di Baznas berperan nyata untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat Sragen melalui program pemberdayaan usaha produktif, sosial keagamaan, kemanusiaan, yang merata di 20 kecamatan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya