SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Burhan Aris Nugraha/JIBI/SOLOPOS)

Ilustrasi (Burhan Aris Nugraha/JIBI/SOLOPOS)

KLATEN--Sekitar 7.000 Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) di Kabupaten Klaten, telah tercetak dan siap di distribusikan bagi para pemegang kartu tersebut.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Klaten, Joko Wiyono, kepada Solopos.com mengatakan, ribuan e-KTP yang sudah jadi itu hanya untuk empat kecamatan dari total 26 kecamatan yang ada di Kabupaten Klaten. Kecamatan itu yakni, Kemalang, Karanganom, Manisrenggo dan Wonosari, sedangkan untuk kecamatan yang lain, Joko mengatakan belum tahu akan selesai cetak kapan.

“Pengirimannya langsung menuju ke Kecamatan masing-masing, tidak melewati Kantor Disdukcapil terlebih dahulu,” Kata Joko, ketika ditemui  di ruang kerjannya, Senin (17/9/2012) sore.

Namun Joko mengatakan, ribuan e-KTP yang sudah tercetak itu belum bisa didistribusikan dalam waktu dekat ini. Hal itu dikarenakan, jumlah e-KTP yang tercetak masih jauh dari jumlah keseluruhan wajib KTP di Klaten. Joko menilai jika e-KTP didistribusikan sekarang, justru akan menimbulkan keresahan bagi masyarakat yang belum menerima.

“Masyarakat yang belum menerima, pasti akan terus mempertanyakan e-KTP miliknya yang belum jadi, padahal belum ada kejelasan kapan semua e-KTP tercetak,” kata Joko Wiyono.

Terpisah, Kasi Tata Pemerintahan, Kecamatan Kemalang, Sigit Riyanto, mengatakan di wilayahnya e-KTP yang sudah tercetak sebanyak 1.999 kartu dari wajib KTP yang ada di Kemalang, sekitar 31.000 jiwa.  Sigit menambahkan, sampai saat ini pihak Pemerintah Kecamatan Kemalang, belum berani mendistribusikan e-KTP tersebut. Dia mengaku saat ini masih menunggu koordinasi dan perintah dari Disdukcapil Kabupaten Klaten.

“Kiriman datang, Jumat (14/9/2012) lalu, saat ini hanya kami lakukan pengecekan dan penghitungan saja,” tandas Sigit, saat ditemui dikantornya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya