SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Boyolali (Espos)–Penyelenggaraan kirab budaya dalam rangka Bersih Desa di wilayah Desa Sumber Agung, Kecamatan Klego, Kabupaten Boyolali, Minggu (11/7), berlangsung meriah. Tradisi yang digelar setiap setahun sekali itu dihadiri ribuan warga Desa Sumber Agung dan desa-desa sekitarnya, Muspika setempat, termasuk sejumlah tamu undangan.

Rangkaian acara dimulai dengan kirab budaya yang diikuti sebanyak tujuh wilayah RT di desa setempat. Dalam kirab tersebut, masing-masing RT menampilkan gunungan yang berisi beraneka macam hasil bumi seperti padi, jagung, palawija, sayur-sayuran hingga buah-buahan. Acara Bersih Desa yang dipusatkan di kediaman Kepala Desa (Kades) Sumber Agung, Budiyanto Agus Marjono itu dimeriahkan pula dengan berbagai kesenian yang disuguhkan oleh masing-masing wilayah RT tersebut. Sedangkan kirab oleh masing-masing wilayah RT tersebut diiringi oleh ibu-ibu yang membawa bakul berisi makanan yang dikumpulkan di kediaman Kades untuk disantap bersama-sama.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Tidak hanya anak-anak, orang dewasa hingga lanjut usia (Lansia) pun menyambut dengan suka cita mengikuti rangkaian acara tersebut. Bahkan mereka dengan suka rela berpartisipasi untuk wilayah RT-nya masing-masing.

Kades Budiyanto mengemukakan tradisi Bersih Desa diadakan di Desa Sumber Agung setiap setahun sekali, sejak tahun 1912.

sry

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya