SOLOPOS.COM - Ribuan warga Muhammadiyah melaksanakan Salat Iduladha di Lapangan Pamedan Pura Mangkunegaran Solo, Rabu (28/6/2023). (Solopos.com/Dhima Wahyu Sejati)

Solopos.com, SOLO — Ribuan warga Muhammadiyah melaksanakan Salat Iduladha di Lapangan Pamedan Pura Mangkunegaran Solo, Rabu (28/6/2023). Jemaah sudah mendatangi lokasi sejak pukul 06.00 WIB. 

Khatib Salat Id, Muhammad Hanif Alimi dalam kultumnya mengisahkan tentang Nabi Ibrahim yang diperintahkan Alloh SWT untuk menyembelih anaknya, Nabi Ismail. Dari kisah itu menurutnya banyak hikmah yang dapat diambil.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Salah satunya adalah keteguhan Nabi Ibrahim melaksanakan perintah yang berat untuk menyembelih anaknya sendiri. Meski akhirnya perintah itu diganti dengan hewan kurban.  

“Nabi Ibrahim memegang teguh prinsip tentang perintah dari Allah. Beliau laksanakan dengan baik. Sehingga terlahirlah keturunan-keturunan dari beliau yang baik,” kata dia selepas salat, Rabu (28/6/2023).

Menurutnya perintah atau syariat penyembelihan hewan kurban yang hari ini dilaksanakan merupakan turunan dari kisah tersebut. 

“Selain itu, keteladanan Nabi Ibrahim yang mesti kita ikuti dan kita laksanakan, di antaranya syariat yang sampai sekarang kita laksanakan yakni ibadah haji,” kata dia

Dia menjelaskan atas ketaatan dan kesabaran Nabi Ibrahim itulah, membuatnya mendapat anak keturunan yang baik bahkan sampai menjadi nabi dan rasul. Hanif berpesan untuk menjaga keluarga masing-masing agar tetap taat.

“Kalau kita didik keluarga dengan baik maka pasti kelak keturunan-keturunan kita juga menjadi orang yang baik dan saleh,” lanjut dia.

Ketua Penyelenggara Salat Id Pimpinan Ranting (PR) Muhammadiyah Keprabon Solo, Fatkhul Hadi, menyebutkan jemaah yang hadir sekitar 5.000 orang. Menurutnya ini jauh lebih sedikit jika dibandingkan salat Idulfitri lalu yang bisa mencapai 20.000 orang.

“Kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada umat Islam atas kehadirannya di Mangkunegaran ini. Kali ini jemaah jika dibandingkan Salat Idulfitri memang lebih sedikit, tapi berjalan lancar,” kata dia.

Sebelumnya, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Solo menyiapkan 88 lokasi untuk Salat Iduladha di Kota Solo, Rabu (28/6/2023) pagi. 

Sekretaris PDM Kota Solo, Rokhani, menjelaskan Pimpinan Ranting Muhammadiyah dan Cabang Muhammadiyah telah mempersiapkan semua kebutuhan salat Iduladha 2023. 

“Masing-masing dari penyelenggara itu sudah berkoordinasi dengan pemangku wilayah setempat terkait keamanan dan lalu lintas. PDM mengelola dan mengatur jadwal serta petugasnya,” kata dia kepada Solopos.com, Minggu (25/6/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya