SOLOPOS.COM - Huang Hua, mantan pebulu tangkis China yang kini tinggal di Klaten. Foto diambil belum lama ini. (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Sebelum memutuskan gantung raket di usia 24 tahun, eks pebulu tangkis China, Huang Hua, yang kini tinggal menetap di Klaten, pernah menjadi rival terberat ratu bulu tangkis Indonesia Susy Susanti.

Huang Hua pun langsung tersenyum saat ditanya tentang mantan rivalnya itu dalam wawancara dengan Solopos.com di kediamannya, Sekarsuli, Klaten Utara, Klaten, belum lama ini.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Huang Hua dan Susy Susanti menjadi rival selama perjalanan karier mereka sebagai pemain bulu tangkis top dunia pada era 1990-an. Beberapa kali mereka bertemu pada ajang kejuaraan dunia kala itu. Kedua rival itu pernah saling mengalahkan.

Bagi Huang Hua, Susy Susanti memiliki kekhasan sebagai pemain bulu tangkis top dunia. “Susy itu khas orangnya. Mungkin sama tipenya main dia ada hubungannya. Dia di lapangan itu tipenya sabar,” kata Huang Hua.

Huang Hua mengatakan Susy memiliki teknik bermain yang cenderung ke defence. Sementara Huang Hua yang memiliki postur tubuh lebih tinggi cenderung bermain menyerang atau attack.

“Saya kan tinggi. Saya dulu mainnya attack semua. Kalau Susy itu kebetulan mainnya sabar dan kayak main defence. Caranya dia bermain bisa membuat tipe pemain seperti saya gampang kehilangan kesabaran,” kenang Huang Hua.

Meski rival berat, di luar lapangan kedua pemain top dunia itu ternyata bersahabat. Hung Hua gantung raket di puncak kariernya pada awal 1993. Tak berselang lama, Huang Hua menikah dengan seorang warga negara Indonesia (WNI), Tjandra Budi Darmawan.

Terus Jaga Komunikasi

Kini, Huang Hua menjadi WNI dan tinggal bersama keluarganya di Klaten. Sejak pensiun, kehidupan Huang Hua jauh dari dunia bulu tangkis. Dia fokus mengurus keluarga dan menemani suaminya mengelola usaha properti di Klaten.

Meski sudah undur diri dari dunia tepok bulu, Huang Hua tetap menjalin komunikasi dengan mantan pemain bulu tangkis top dunia. Belum lama ini, salah satu putra pasangan Tjandra-Huang Hua melangsungkan pernikahan di Bali.

Sejumlah mantan pemain bintang hadir, tak terkecuali Susy Susanti. Pada kesempatan itu, Susy sempat membagikan postingan ketika menghadiri momen bahagia pernikahan putra Tjandra-Huang Hua melalu akun Instagram @susysusantiofficial pada 19 Juni 2023 lalu.

Bertemu dengan salah satu sahabat lama saya waktu di lapangan, Huang Hua. Siapa yang masih inget? Seneng banget bisa ngumpul di hari yang pas ini. Inget waktu dulu kita pernah berada di satu pertandingan yang cukup sengit karena Huang Hua termasuk lawan terberat saya dulu waktu di All England tahun 1990. Kayanya itu bakal jadi momen yang ga bakalan saya lupain ya. Termasuk di kesempatan kali ini, rasanya sangat bahagia ya berada di tengah-tengah kebahagiaan keluarga mereka, merasakan hangatnya pernikahan Michael Tjandra anak pertamanya dari Huang Hua dan suaminya Budi Tjandra. Pengen terus bisa ngumpul bareng lagi kaya gini. Keep contact wajib banget ya! dan sekali lagi selamat buat hari bahagianya Michael Tjandra,” tulis akun @susysusantiofficial yang turut membagikan foto mesra Susy bersama suaminya Alan Budikusuma.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya