SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, berbincangn dengan Mantan Wali Kota F.X. Hadi Rudyatmi, Senin (6/3/2023) malam. (Solopos.com/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO–Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, akhirnya buka suara terkait keberadaan Pasar Ikan Balekambang Solo. Politikus PDIP itu ternyata sedang mempertimbangkan untuk memindah puluhan pedagang Pasar Ikan Balekambang Solo, ke tempat lain.

Sudah ada beberapa lokasi yang potensial menjadi tempat baru bagi para pedagang Pasar Ikan Balekambang. Tapi Gibran belum memutuskan lokasi mana yang akan digunakan. Dia masih butuh waktu untuk mengkaji berbagai pilihan lokasi baru tersebut.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Iya banyak masukan, tapi nanti tak survei satu-satu dulu ya,” ungkap dia saat diwawancara wartawan usai pertemuan tiga pilar PDIP Solo di Kantor sementara DPC PDIP Solo, Senin (6/3/2023) malam. Gibran tak menyebut mana saja opsi lokasi itu.

Tapi, salah satunya Pasar Pucangsawit, Jebres. Hal itu sesuai saran Ketua DPC PDIP Solo, F.X. Hadi Rudyatmo. Seusai pertemuan tiga pilar PDIP Solo, Gibran dan Rudy sempat berbincang tentang beberapa persoalan serta dinamika masyarakat Solo.

Saat itu Rudy menyarankan Gibran agar Pasar Ikan Balekambang dipindah ke Pasar Pucangsawit. Hal itu memungkinkan mengingat masih banyak bagian di Pasar Pucangsawit yang kosong atau belum termanfaatkan dengan baik. “Cukup di situ,” tutur Rudy.

Namun, mantan Wali Kota Solo dua periode itu juga mempunyai opsi lain untuk pemindahan Pasar Ikan Balekambang. Tempat tersebut yakni area Pedaringan, tepatnya di sisi bawah. “Saya tadi mengusulkan juga pasar ikan ke Pedaringan,” kata dia.

Rudy menjelaskan ide pemindahan pedagang Pasar Ikan Balekambang ke Pedaringan pernah dia gagas beberapa tahun, ketika masih menjadi Wali Kota Solo. Saat itu belum ada program atau pengembangan Balekambang jadi pusat kebudayaan Solo.

“Pedaringan di sisi bawah, ada itu. Dulu saya usulkan di sana, waktu saya. Karena belum ada program ini, pengembangan Balekambang jadi pusat kebudayaan Solo,” terang dia. Pertemuan tiga pilar PDIP Solo digelar rutin sekira tiga bulan sekali.

Pertemuan tersebut melibatkan tiga pilar utama PDIP yaitu pengurus DPC PDIP Solo, pejabat eksekutif Pemkot Solo, serta Fraksi PDIP DPRD Solo. Selain Gibran, Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa, dan Ketua DPRD Solo, Budi Prasetyo, ikut hadir.

Termasuk Ketua Fraksi PDIP DPRD Solo, Y.F. Sukasno, dan jajaran anggota DPRD Solo dari partai berlambang kepala banteng moncong putih tersebut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya