SOLOPOS.COM - DUTA WISATA -Wakil Bupati Wonogiri, Yuli Handoko (kanan) menyerahkan piagam dan trofi penghargaan kepada duta wisata Wonogiri 2011, Sabtu (1/10/2011) malam. (JIBI/SOLOPOS/Trianto Hery Suryono)

Pelataran bagian depan Pasar Wonogiri terang benderang tidak seperti hari-hari biasa. Kajang dan deretan kursi yang dilapisi kain putih tertata rapi di halaman itu, Sabtu (1/10/2011) malam. Sekitar pukul 18.30 WIB, masyarakat sudah berbondong-bondong ke lokasi tersebut sehingga ruas jalan protokol di Jalan Sudirman, Wonogiri itu mulai menyempit.

DUTA WISATA -- Wakil Bupati Wonogiri, Yuli Handoko (kanan) menyerahkan piagam dan trofi penghargaan kepada duta wisata Wonogiri 2011, Sabtu (1/10/2011) malam. (JIBI/SOLOPOS/Trianto Hery Suryono)

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Semakin malam deretan motor dan kendaraan lain terparkir di pinggir jalan protokol. Alunan musik dari Pata Band dan OM Maespati yang melantunkan lagu-lagu Rhoma Irama menambah daya tarik pengunjung untuk merangsek ke halaman depan pasar terbesar di Wonogiri itu untuk menyaksikan Grand Final Pemilihan Duta Wisata Wonogiri 2011yang digelar di sana. Sebanyak 12 finalis putra maupun putri tampil di ajang tersebut.

Setelah melalui berbagai tahap, akhirnya ketiga juri yang terdiri atas Wahyu Santoso, Rosini dan BRM Suryo Hananto memilih, Nicko Rizqi Azhari, warga Kaloran, Giritirto, Wonogiri dan SN Zahra Ayu, warga Banaran, Wonoboyo, Wonogiri sebagai duta wisata Wonogiri 2011. Keduanya menyisihkan 11 finalis dari perwakilan kecamatan di Wonogiri. Rizqi pada kesempatan itu meraih tiga gelar, yakni selain duta wisata juga juara kategori intelegensia dan juara favorit putra. Sedangkan juara favorit putri direbut Fitria Yudha Hafifah yang menempati juara III duta wisata putri.

Hadir pada acara itu, Ketua DPRD Wawan Setyo Nugroho dan istri, Wakil Bupati Wonogiri, Yuli Handoko. Kepala Disbudparpora, Wonogiri, Pranoto mengaku, sengaja menggelar grand final pemilihan duta wisata 2011 di tempat umum. “Pemilihan tempat, kami maksudkan agar masyarakat Wonogiri mengetahui kegiatan ini sekaligus menyosialisasikan kepada warga bahwa putra-putri Wonogiri bisa berpartisipasi aktif memberikan kontribusi penting bagi pemerintah daerah dengan mengikuti Pemilihan Duta Wisata Wonogiri,” ujarnya.

Mantan Kepala Bappeda Wonogiri ini menjelaskan, selain juara duta wisata, panitia juga memilih figur remaja ideal yang akan mewakili Pemkab Wonogiri dalam menyosialisasikan kepariwisataan di tingkat regional maupun nasional. Wakil Bupati Wonogiri, Yuli Handoko berharap kegiatan tersebut tidak hanya sekadar seremonial namun para juara mampu berperan aktif dalam memromosikan Wonogiri di ajang regional dan nasional. “Promosikan potensi Wonogiri ke daerah lain karena Kota Gaplek memiliki beragam lokasi wisata dan spiritual. Kami berharap nama Wonogiri bisa dijual sehingga wisatawan domestik maupun mancanegara dapat berkunjung ke Kota Gaplek. Ending-nya perputaran ekonomi masyarakat Wonogiri dapat dinikmati oleh masyarakat Wonogiri.”

Sementara  juara II duta wisata pria diraih Fadelis Deka Krisada dari Batuwarno. Dia juga ditetapkan sebagai juara favorit dan juara III ditempati Aji Setiawan asal, Ngebrak Lor, Giriwoyo. Di bagian putri, juara II dipegang Witria Kusuma Dewi dari Jaban, Wuryantoro dan juara III diduduki Fitria Yudha Hafifah asal Kedungringin, Wonogiri.

Juara harapan I duta wisata ditempati Rigel Ernando dari Sukomangu, Purwantoro dan Erna Hartika Wati dari Joho, Pracimantoro serta juara harapan II diraih Viktory Chrisabda asal Slogohimo dan Heti Dihastuti dari Pondok, Ngadirojo. Juara favorit putri diraih Fitria Yudha Hafifah sedangkan kategori busana terbaik ditempati Aditya Luhung, asal Bondalem, Slogohimo dan Vianesia Sucia asal Kaloran, Giritirto, Wonogiri serta kategori persahabatan diraih Tias Vetriana asal Jatisrono.

Trianto Hery Suryono

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya